Loading...

Serapan Anggaran & Target PAD Kab. Karawang Loyo !, Segera Evaluasi Bappeda

IMG_20171112_225509

Karawang – jayantaranews.com

Mengenai lambatnya finalisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Karawang untuk Tahun Anggaran (TA) 2018 mendatang, sempat menimbulkan spekulasi dan analisa tertentu dari publik. Memang suatu hal yang sangat wajar, karena fenomena sekarang ini, bisa dikatakan tidak biasanya.

Namun Rapat Paripurna Penyampaian Nota Pengantar APBD Karawang TA. 2018, dilaksanakan tanggal 18 Oktober 2017. Dibanding dengan Purwakarta, yang baru dilaksanakan tanggl 9 Nopember 2017. Jadi, secara waktu pembahasannya akan lebih banyak sehingga akan lebih cermat dan tepat sasaran yang penting Paripurna Penetapannya tidak melewati bulan November 2017.

Kabar adanya pemotongan anggaran untuk masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebesar 20%, sebaiknya itu tidak dilakukan untuk menutup defisit anggaran. Lebih baik Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) menggenjot OPD-OPD tekhnis untuk memaksimalkan Serapan Anggaran dan target Pendapatan Asli Daerah (PAD), disampaikan Andri Kurniawan, salah seorang Pemerhati Pemerintahan dan Politik Kabupaten Karawang.

“Lagi pula, kabar yang saya terima soal pemotongan anggaran sebesar 20% itu, rapatnya tidak dipimpin langsung oleh Ketua TAPD, melainkan oleh salah satu Asisten Daerah (Asda),” tukas Andri.

Semoga saja dengan sisa waktu yang tinggal sebentar lagi, Pemkab Karawang mampu menggenjot target Serapan Anggaran dan PAD, agar segera dapat menutupi defisit APBD TA. 2018. Karena akhir November ini, lanjut Andri, harus segera ada finalisasi dan Paripurna Penetapan APBD TA .2018.

“Selagi ada waktu yang tersisa, ada baiknya segera maksimalkan capaian Serapan Anggaran dan target PAD”.

Satu hal yang harus digaris bawahi, menurutnya, terkait loyonya Serapan Anggaran dan target PAD, semua kembali pada proses perencanaan. “Saran saya, segera evaluasi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), sebab semua perencanaan tersentralisasi di Bappeda,” tandasnya. (JN 01)