Loading...

54 Jiwa Di Pangandaran Positif Terjangkit HIV/AIDS, Waspadai Penyakit Menular!

IMG-20180607-WA0208

JAYANTARANEWS.COM, Pangandaran

FB_IMG_1515036941798

‌Sebanyak 54 kasus di Pangandaran dinyatakan positif terinfeksi Human Immunodeficiency Virus (HIV). Tidak hanya terinfeksi, beberapa di antaranya dinyatakan telah mengidap Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS).

‌Jumlah tersebut berdasarkan data dari pemeriksaan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran, ujar
‌Yadi Sukmayadi, selaku Kepala Bidang Pemberantasan dan Pengendalian Penyakit Menular, kepada JAYANTARANEWS.COM, Kamis, (07/06/18).

‌Lanjut, Yadi mengatakan, mereka yang mengidap HIV terkadang terlambat untuk memeriksakannya ke dokter, mayoritas tidak memperdulikan kesehatannya dan cenderung menganggap enteng.

‌Belum lagi, stigma HIV/AIDS di masyarakat yang membuat mereka enggan melapor. Akibatnya, kasus tersebut ditemukan saat kondisinya sudah dikategorikan parah, paparnya.

‌Menurut Yadi, hubungan seks bebas masih menjadi penyebab utama dari tersebarnya virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh, yang mana mengakibatkan terjangkitnya HIV/AIDS.

‌” Makanya tidak heran, kalau populasi tertinggi yang terjangkit itu di kalangan Wanita Pekerja Seks (WPS),” ucapnya.

‌Atas hal tersebut, Yadi mengimbau kepada “pengidap HIV/AIDS pro aktif” melapor, agar mendapatkan penanggulangan lebih lanjut,” tuturnya.

‌Yadi berpesan,” jangan sampai dijauhi orangnya, tapi jauhilah penyakitnya,” pungkasnya. (Nana JN)