Loading...

Dikonfirmasi Terkait Limbah, DLH Kab Bandung Seakan Berkelit & Kurang Transparan

IMG-20180721-WA0001

JAYANTARANEWS.COM, Kab Bandung

IMG_20180628_215930

Menindaklanjuti penemuan Badega bentukan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung, terkait pencemaran lingkungan yang disebabkan pipa saluran limbah yang bocor dari salah satu pabrik yang berdekatan dengan PT MCAB, selaku pengolah limbah industri pada beberapa hari lalu, seolah – olah dirahasiakan dari pihak LH. Pasalnya, saat dimintai keterangan secara detail, Robi, banyak berkelit terkait kejadian salah satu pabrik. ” Sedang rapat, dan masih disusun,” ucapnya, (melalui Call WA).

IMG_20180721_004416

Saat dikonfirmasi langsung oleh JAYANTARANEWS.COM, Jum’at (20/7), pukul: 10:20 WIB, Pengolahan IPAL Terpadu PT Mitra Citarum Air Biru (MCAB) yang terletak di Jl. Cisirung Kelurahan Pasawahan, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Direktur MCAB Nur Setiawan, akui adanya kebocoran tersebut. ” Saat ini sudah dilakukan perbaikan, kebocoran sudah diatasi, seperti apa yang saya WA kemarin,” jelasnya.

IMG-20180721-WA0005

Memang benar, aliran air limbah yang bewarna merah tersebut, mengalir keluar ke Sungai Cisuminta, tapi bukan di balik tembok sini (MCAB). ” Memang pabriknya berdekatan dengan kita, bocornya disebabkan oleh pipa yang tidak kuat menahan tekanan pompa yang besar, karena pipa kecil dan belok, sehingga tidak kuat terhadap tekanan, makanya bocor, karena ada baut yang lepas,” tutur Nur.

Kita sudah lakukan teguran terhadap pabrik tersebut untuk segera diperbaiki, karena memang jalur baru, pipa baru yang langsung diarahkan ke MCAB, tidak lewat Moch Toha, tapi di by pass langsung ke belakang. Bila dari depan jauh dan muter, jadi biar lebih dekat dari belakang saja, Artostek sudah dikerjakan, AML yang bocor dan sudah diizinkan LH, karena Pak Robi juga ada saat itu terjadi.
(Uchok Hendra JN)