Loading...

15 Rumah Humbang Hasundutan, Ludes DiLalap Si Jago Merah

JAYANTARANEWS.COM, Kab Humbang

IMG-20180814-WA0002

Si jago merah kembali beraksi, kali ini hanguskan 15 unit rumah penduduk, Selasa, 14/8 pada pukul 17.30 WIB di Jalan Melanton Kota Dolok Sanggul Kabupaten Humbang Hasundutan.

Pantauan wartawan di lokasi tempat terjadi kebakaran tersebut, diperkirakan setidaknya ada 15 unit rumah yang habis dilahap si jago merah, untuk korban jiwa dilaporkan tidak ada, kerugian ditaksir sekitar ratusan juta rupiah.

Berdasarkan saksi mata di lapangan, Lastiur Banjarnahor, kobaran api tiba – tiba saja muncul dari salah satu rumah warga yang terbuat dari papan. Kemungkinan karena kemarau panjang yang melanda daerah itu, api begitu cepat menjalar, ke rumah warga lain.

Warga pun berhamburan ke luar rumah. Pilu bercampur panik, mereka berusaha menyelamatkan barang – barang berharga mereka.

Menurut warga, api berasal dari kompor gas dan langsung menjilat dinding papan warga tersebut. Ditambahkan warga, rumah yang ada di sekitar tersebut kebanyak berlapiskan dinding papan dan rapat – rapat, karena angin sangat kencang sehingga api menjilat rumah warga lainnya.

Tim Dinas Kebakaran (Damkar) langsung menuju ke TKP, tapi disayangkan, mobil pemadam hanya bisa beroperasi 2 ( dua ) unit, satu unit untuk menyiram dan satu unit lagi untuk mengisi air.

Si jago merah bisa dipadamkan hingga berjam – jam lamanya hingga pukul pukul 20.00 WIB.

Wakil Bupati, Sekdakab, Camat Dolok Sanggul, Kadis Dispora dan Kadis Pertanian hadir langsung ke lokasi. Sekda Tonni Sihombing kelihatan sangat cemas melihat api yang tak kunjung padam, akhirnya Sekda menyempatkan diri untuk menghubungi Dinas PUPR Humbahas agar menurunkan dua unit alat berat untuk ikut mengeksekusi rumah yang sudah habis terbakar agar api tidak merambat kemana – mana.

Pukul 21:00 WIB, akhirnya si jago merah bisa dipadamkan dan warga yang ikut menyaksikan berangsur- angsur meninggalkan TKP. (Tim JN)