Loading...

83 Peserta SUSBALAN, Lulus & Jadi Perwira Menengah Banser

IMG-20190714-WA0134

JayantaraNews.com, Pangandaran

Sebanyak 83 peserta SUSBALAN (Kursus Banser Lanjutan), berhasil lulus sampai pengukuhan/pembai’atan dan mereka resmi menjadi Perwira Menengah Banser.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kasatkorcab Banser Kabupaten Pangandaran di Kampus Atas Awan SMK NU Pelita Nusantara, atau yang lebih famous dengan istilah PELNUS ini, bertempat di Desa Harumandala, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Pangandaran, sejak Kamis lalu, dan terakhir penutupan Minggu 14/07/2019.

Peserta yang mengikuti bukan hanya dari Pangandaran saja, namun dari luar Kabupaten Pangandaran pun mengikuti pendidikan ini.

Ketua PC GP Ansor Encep Najmudin, SH mengatakan, dengan terlaksananya kegiatan SUSBALAN ini, sebagai penguatan ideologi dan profesionalisme kader-kader Banser yang ada di Pangandaran terkhusus, dan umumnya untuk semua kader dari manapun itu.

Encep juga berharap, semoga kader-kader yang lulus dari pendidikan dan pelatihan SUSBALAN ini, tidak hanya stuck sampai Perwira Menengah, namun masih banyak pendidikan-pendidikan Banser lainnya yang harus diikuti, asal saja semua tahapannya dilaksanakan. Karena Banser memiliki sistem pendidikan atau pengkaderan yang rapi dan terstruktur, ujar Encep kepada media.

Penanggung jawab kegiatan Kasatkorcab Banser Uun menambahkan, tujuan dari SUSBALAN adalah untuk menciptakan Panglima dan Perwira Ansor Banser yang cerdas, cakap, dan mempunyai dedikasi yang tinggi sekaligus loyal terhadap organisasi, dan tentunya siap memberikan kontribusi nyata terhadap masyarakat juga berperan aktif dalam semua kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.

Uun juga menegaskan, bahwa Ansor Banser tidak akan berpangku tangan bagi siapa saja atau kelompok mana saja yang berniat untuk membenturkan pemahaman peradaban yang bisa merusak kesatuan umat beragama juga NKRI.

Dengan pelatihan ini, harapan Uun kedepan bisa menjadi Pimpinan Banser yang mampu membawa Organisasi Ansor, Banser, dan juga Nahdlatul Ulama menjadi lebih baik lagi. ” Alhamdulillah, kegiatan yang dilaksanakan selama 4 hari ini terhitung sejak Kamis hingga Minggu bisa berjalan dengan lancar, dan dari pemantauan panitia pun seluruh peserta terlihat sangat antusias, ditambah dengan pemateri/instruktur-instruktur khusus dan handal dari Kasatkorwil Banser Jawa Barat.

Acara pembukaan SUSBALAN ini juga dihadiri oleh beberapa pejabat setingkat Kabupaten, Kecamatan, tokoh masyarakat, para kiyai, juga Pimpinan Pondok Pesantren se Kabupaten Pangandaran, Kapolsek Cigugur, beserta jajarannya pun ikut menghadiri dan mengapresiasi kegiatan tersebut, serta perwakilan OKP dan DPD KNPI Kabupaten Pangandaran pun terlihat ikut menghadiri acara pembukaan tersebut. (CH/JN)