Loading...

Warga Desa Semaya Sikur Lotim, Pertanyakan Transparansi Plang Proyek

IMG_20190712_004205

JayantaraNews.com, Lotim

Kucuran Dana Desa (DD) harus digunakan sebaik-baiknya untuk membangun infrastruktur desa, dan warga desa setempat wajib mengetahui pengelolaan Dana Desa tersebut.

Kemudian, dalam proses pembangunannya, pemerintah desa harus transparan, sehingga masyarakat bisa mengetahui dan memantau berapa anggaran yang digunakan, dan dari mana sumber dana untuk membangun infrastruktur di desanya.

Terkait plang transparansi yang dibuat oleh Aparatur Desa Semaya, masih menyimpan pertanyaan di hati warga Batulanggak Dusun Langer Barat, Desa Semaya, Kecamatan Sikur, Lombok Timur. Pasalnya, di plang itu tidak tercantum sumber dananya dari mana?

Hal ini seperti yang dikeluhkan oleh Ardogen, salah seorang warga Batulanggak Dusun Langer Barat, Desa Semaya, Kecamatan Sikur Lombok Timur.

IMG_20190712_004152

Kepada JayantaraNews.com, Ardogen mengatakan,” Saya berterimakasih kepada aparatur desa yang mau memperhatikan kritik dan saran dari masyarakat. Akan tetapi, yang masih mengganjal di benak saya adalah, kenapa sumber dana dari pembangunan Dusun Langer Barat tidak dicantumkan, biar kita tahu, apakah ini murni dana desa atau dana aspirasi.”

” Di Desa Semaya, yang masuk kan bukan sekedar Dana Desa (DD), tapi juga ada dana aspirasi. Kalau plangnya seperti ini, kita tidak tahu, mana dana yang digunakan buat pembangunan infrastruktur.”

Lebih lanjut Ardogen mengatakan, kalau seperti ini, masih serasa ditutup-tutupi dari anggaran desa, katanya.

Di lain pihak, beberapa warga masyarakat juga mengatakan, kami masyarakat tidak hanya butuh jumlah anggaran, tapi juga sember dananya harus kami ketahui agar terlihat transparan, kata mereka. (Ibrahim)