SABER PUNGLI POLDA JABAR RINGKUS OKNUM ANGGOTANYA YANG DIDUGA LAKUKAN PUNGLI DALAM PENERIMAAN ANGGOTA POLRI

IMG_20170524_122636

BANDUNG – reportasejabarnews.com

Tim Sapu Bersih (Saber) Pungli Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) meringkus oknum anggotanya yang diduga melakukan Pungli (Pungutan Liar) terhadap beberapa calon siswa Bintara Polri. Terkait hal tersebut, pelaku akan dijerat sanksi Kode Etik Profesi dan disiplin bila terbukti melakukan pelanggaran tersebut.

IMG_20170525_092332Foto : ilustrasi

“Sudah ditangani pelakunya, sudah ditemukan dan sudah diperiksa. Dia akan dikenakan (sanksi, red) secara internal dulu yaitu kode etik profesi termasuk hukuman disiplin,” kata Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Rikwanto di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (24/5/2017).

Rikwanto mengatakan, saat ini pelaku masih diperiksa terkait dugaan pelanggaran tersebut. Berdasarkan penyelidikan, modus pungli pelaku adalah menjanjikan kepada orang tua para Calon Siswa Polri bahwa dirinya dapat membantu meluluskan tes masuk Kepolisian, baik sebagai bintara maupun taruna.

“Modusnya adalah dia menampung permintaan pihak-pihak yang putra-putrinya yang akan masuk menjadi anggota kepolisian, baik lewat jalur bintara maupun taruna Akpol (Akademi Kepolisian, red),” ujar Rikwanto.

Rikwanto menjelaskan, modus selanjutnya yaitu pelaku mengaku kepada para korban bahwa uang pelicin tersebut diserahkan kepada panitia penerimaan siswa secara bertahap. “Namun dalam prakteknya itu adalah pandai-pandai dia saja untuk mengelabui pihak-pihak yang akan memasukkan anaknya di Kepolisian. Pada kenyataanya dia tidak berhubungan dengan panitia,” paparnya.

Rikwanto menambahkan, oknum anggota itu bekerja sama dengan seorang calo dalam melancarkan aksinya. Besaran uang yang didapat dari perbuatan pungli ini pun mencapai ratusan juta rupiah.
(dilansir detiknews).

Sebagaimana diinformasikan dari sumber, bahwa pada Senin (22/5/2017), Tim Saber Pungli Polda Jabar telah mengamankan oknum anggotanya yang diduga telah melakukan Penyalahgunaan Wewenang (Pungli) dalam Bintara Polri Terpadu TA 2017.

Berawal dari oknum anggota Polda yang menerima sejumlah uang ratusan juta rupiah dalam proses penerimaan calon siswa Bintara Polri, yang kesemuanya gugur.

Oknum terkait telah menjanjikan, bahwa dia (oknum) berjanji akan menghidupkan kembali casis (calon siswa) yang sudah gugur dan meluluskan semua casis tersebut sampai akhir. Namun realisasinya, sampai saat ini, seluruh casis yang sudah gugur tersebut tidak bisa mengikuti tes berikutnya.

Tim Saber Pungli Provinsi Jawa Barat, telah mengamankan barang bukti sebagai berikut :
1). 4 (empat) lembar bukti setoran Bank BCA
2). 2 (dua) lembar bukti setoran Bank BCA
3). 1 (satu) lembar bukti setoran Bank BCA
4). 1 (satu) lembar bukti setoran Bank BCA
5). 6 (enam) lembar surat pernyataan kosong atas nama beberapa orang casis
6). Uang tunai sebesar Rp. 8.000.000,- (delapan juta rupiah)
7). 3 (tiga) lembar fotocopy kartu ujian casis
8). 1 (satu) lembar sobekan map warna biru
9). 2 (dua) buku tabungan BRI Britama
10). 2 (dua) buku tabungan tahapan BCA
11). 12 (duabelas) lembar bukti transfer Bank BCA
12). 9 (sembilan) lembar bukti pembayaran / pembelian Emas di salah satu Toko Mas
13). 3 (tiga) lembar bukti pembayaran / pembelian Emas.

Demikian dilaporkan dan saat ini masih dalam proses pemeriksaan lanjut oleh Tim Saber Pungli Polda Jabar.
(Agus Chepy K / Didoe RJ)