Penyuluhan Lingkungan Di Cilampeni, Katapang, Prioritaskan Program KOTAKU
IMG_20170923_215353
Kab. Bandung – Reportase Jayantara News

Guna tercapainya target Pemerintah dalam menjalankan Program “KOTAKU” (Kota Tanpa Kumuh), pihak BKM Mitra Usaha Persada, Desa Cilampeni, Kecamatan Katapang, Kabupaten Bandung, mengadakan sosialisasi Peningkatan Kapasitas Masyarakat melalui penyuluhan lingkungan yang dilaksanakan pada Sabtu, (16/9/2017), dengan dihadiri dan diikuti oleh kader-kader PKK RW 08 dan masyarakat sekitar.
 IMG_20170923_215408
Gunawan, selaku Fasilitator KOTAKU menerangkan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan guna meningkatkan kapasitas sebagai penunjang segala Program KOTAKU.
  
“Untuk mencapai Program Pemerintah, maka diharapkan seluruh element masyarakat, (stakeholder), hendaknya turut serta dan bekerjasama dalam mengawasi pelaksanaan Program KOTAKU dimaksud,” terang Gunawan, ditemui Reportase Jayantara News.
 
Dengan adanya kegiatan ini, lanjut Gunawan, semoga masyarakat turut serta berpartisipasi dalam membantu dan mengawasi pelaksanaan Program KOTAKU, agar apa yang dicanangkan Pemerintah dalam mengentaskan kota kumuh dapat berjalan lancar, imbuhnya.
IMG_20170923_215804
Sementara itu, Eutik Hasanah, selaku Koordinator BKM Mitra Usaha Persada menjelaskan, kegiatan penyuluhan lingkungan sebagai Program KOTAKU harus terus dilakukan, dengan harapan masyarakat di sekitar bisa mengubah pola perilaku yang tadinya suka membuang sampah sembarangan namun sekarang tidak lagi. Apalagi setelah mendapatkan materi mengenai perubahan iklim terkait lubang resapan Biopori, dimana Biopori itu sendiri adalah merupakan lubang silindris yang dibuat secara vertikal ke dalam tanah sebagai metode resapan air yang ditujukan untuk mengatasi genangan air dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah.

Harapan ke depan, masih kata Gunawan, masyarakat sekitar bisa memilah dan memilih antara sampah yang organik dan non organik dengan menggunakan bank sampah. Bila perlu manfaatkan itu sampah agar jadi sumber penghasilan bagi masyarakat sekitar, ringkasnya. (Bst)