Ketika Hukum Kehilangan Keadilan, Maka Lemah Bagaikan Tubuh Tak Bertulang!

IMG_20180223_003232

Serang – Jayantara News

IMG_20180202_185549

Istilah hukum bagaikan mata pisau yang “Tajam Ke Bawah Dan Tumpul Ke Atas”, adalah suatu hal yang mungkin sudah lumrah di masyarakat Indonesia saat ini. Hal ini menggambarkan bahwa hukum di Indonesia timpang sebelah.

Istilah tersebut adalah sebuah sindiran nyata yang terjadi di Republik ini, dimana bahwa keadilan di negeri ini lebih tajam menghukum masyarakat kelas menengah dan cenderung tumpul ke para penguasa.

Banyaknya para koruptor yang notabene adalah para pejabat dari mulai anggota DPRD hingga para mantan menteri juga terjerat dengan kasus korupsi, namun seakan tumpul di mata hukum.

Penegak Hukumlah yang mestinya lebih banyak mengkoreksi sekaligus mengintrospeksi akan Tupoksi sembari merenung akan Amanah Tuhan dan derita masyarakat kecil.

Namun asumsi dan istilah itu tak semuanya benar. Nyatanya, masih ada seorang Penegak Hukum yang berprinsip bahwa hukum harus ditegakkan. Tidak ada seorang manusia pun di dunia ini yang kebal akan hukum, pikirnya.

IMG_20180223_003358

Sebut saja, Fenjte E Loway, yang menahkodai Kejaksaan Negeri Serang Banten. Selama pengabdian di Kejaksaan dan juga menjadikan Kejari Serang Banten sebagai percontohan dari semua Kejari se Indonesia, tentunya layak dan pantas diapresiasi.

Selama kurun waktu Januari-Juli 2017 saja, pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Serang berhasil menyelamatkan keuangan negara sebesar Rp 3.542.240.311 dari dua kasus korupsi yang ditangani, dan masih begitu banyaknya kasus-kasus korupsi yang ditangani dan diselesaikan oleh Kejari Serang Banten ini.

Puluhan miliar uang negara berhasil diselamatkan oleh Kejari Serang Banten, baik yang berasal dari penyelesaian kredit macet Badan Usaha Milik Negara/Daerah melalui non litigasi dan litigasi.

Ibarat Anak Buah Kapal (ABK), yang mau menelusur ke arah mata angin manapun, tentu tidak lepas dari komando sang nahkoda. Demikian pun dengan kinerja dari jajaran Kejaksaan Negeri Serang Banten ini, pastinya atas komando Kepala Kejaksaan Negeri Serang Banten. Sebuah prestasi yang sangat luar biasa dan layak diberikan kepada Kepala Kejaksaan Negeri Serang, Banten, Fenjte E Loway.

Namun rupanya, pimpinan di Kejaksaan kurang begitu memperhatikan untuk peningkatan kariernya dengan memberikan promosi jabatan lebih tinggi dari yang saat ini.

Baca juga : <a href=”Rahmad Sukendar : BPI KPNPA RI Apresiasi Kinerja Kajari Serang – http://jayantaranews.com/rahmad-sukendar-bpi-kpnpa-ri-apresiasi-kinerja-kajari-serang/”>

Meski bisa jadi dan bukan hal yang tidak mungkin, jika seorang Penegak Hukum yang baik, jujur, tegas tanpa pandang bulu, justru tercoreng oleh para oknum penegak hukum yang terbelit dengan kasus hukum.

Namun karena beliau selalu mengacu pada sebuah kalimat, bahwa “Ketika Hukum Kehilangan Keadilan, Maka Hukum Itu Lemah Bagaikan Tubuh Tanpa Tulang. Tegakkan Hukum Dengan Adil, adalah kata kuncinya. (Red JN)