Sosialisasi Citarum Harum Wilayah Sektor 22 Kec Cibeunying Kaler Kota Bandung

IMG_20180321_162221

Bandung – Jayantara News

FB_IMG_1515036941798

Menyikapi permasalahan sampah yang menjadi momok mengerikan di Kota Bandung dan sekitarnya, tentu perlu sosialisasi dan edukasi yang harus simultan dengan pembangunan sarana dan prasarana lingkungan yang menjadi skala prioritas, seperti pembangunan WC Gantung, WC Komunal dan WC Keluarga misalnya. Hal ini dimaksud, untuk mengingatkan agar masyarakat jangan sampai membuang kotoran ke sungai. Selain itu, sosialisasi ini perlu, untuk menumbuhkan dan memperdayakan komunitas pencinta alam di tingkat RT, RW, dan kelurahan. Demikian disampaikan Kol Inf Asep Taufik, di aula Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Rabu (21/3).

Sementara, masih kata Asep, untuk mengatasi permasalahan Citarum Harum, pastinya harus melibatkan seluruh komponen bangsa dengan basis gotong royong yang dilaksanakan secara masif, agar masyarakat mengetahui akan bahaya limbah tersebut, tandasnya.

Sebagai salah satu bentuk bela negara dengan program selamatkan Citarum Harum, ujar Asep, diantaranya dengan memelihara sungai dan lingkungan.

IMG_20180321_162203

Demikian juga sebagai percontohan dalam mendukung Program Citarum Harum dalam hal sampah, agar bisa diikuti sebagai bahan evaluasi oleh kelurahan yang lainnya, dalam hal ini, wilayah RW 01 Kelurahan Cibeunying, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, melalui swadaya warga sudah bisa membeli Motor Triseda untuk mengangkut sampah. “Ini tentu patut diapresiasi,” ulasnya.

Senada disampaikan Kepala Kecamatan Cibeunying Kaler, Maman Rohman, yang mengimbau kepada masyarakat, agar jangan membuang sampah sembarangan dan tetap menjaga lingkungan agar tetap bersih. Dia mengajak masyarakat untuk sama-sama membantu terlaksananya Program Citarum Harum ini. “Kami ucapkan banyak terimakasih atas dilaksanakannya kegiatan sosialisasi Citarum Harum di wilayah Sektor 22 Kecamatan Cibeunying Kaler oleh Dan Sektor 22, Satgas Citarum Harum, Kol Inf Asep Rahman Taufik, Danramil 1802/Cby, Ketua Ponpes Al-Burhan, Para Babinsa Koramil 1802/Cby, para Lurah se-Kecamatan Cibeunying, Lurah Cibeunying, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Babinsa, Bhabinkamtibmas Kelurahan Cibeunying, para Ketua RW, Tokoh Masyarakat, Gober, dan Komunitas Engkang-Engkang, ucapnya.

Setelah sukses acara sosialisasi tersebut, kemudian diakhir kegiatan diadakan Tausyiah dari Ketua Ponpes Al-Burhan, Ustadz Aceng, tentang pentingnya menjaga kebersihan sungai dipandang dari sudut Islam.

(Gus Basan / Tahyudin JN)