Dalam Penanganan Pabrik NAKAL, PEMKAB BANDUNG Mestinya Lebih TEGAS!

IMG_20180531_205153

JAYANTARANEWS.COM, Kab Bandung

FB_IMG_1515036941798

Joko, Camat Arjasari menjelaskan pada JAYANTARANEWS.COM, Kamis (31/5), saat diminta keterangan terkait pabrik dan industri nakal di wilayahnya. Dia menjelaskan, sidak yang dilakukan bersama ini, dipimpin oleh DanSektor 21, Kapolsek, Satpol PP, dan rekan semua, membuktikan secara bersama – sama, bahwa kita sangat mendukung Program Pusat, Citarum Harum.

IMG_20180531_205218

” Saya, selaku Camat Arjasari menjelaskan, bahwa limbah Adetex yang mencemari sungai, langsung ditutup salurannya, dan diharapkan tidak terjadi lagi, karena merugikan. Masalah Adetex yang bermasalah limbahnya, tidak ada masalah dengan izinnya,” kata dia.

Lanjut,” Papyrus juga tidak ada masalah dengan izinnya, dan punya pengelolaan IPAL nya juga kok. Terkait rekomondasi refresh izin, sudah bukan camat lagi, mereka sudah langsung Soreang,” tutur Joko.

Sementara, Camat Pameungpek Asep Suryadi mengatakan,” memang saya tidak dominan dalam hal ini, karena saya hadir dalam sidak ini jelas. Hubungannya dengan Citarum Harum, karena limbah dari Adetex dan Papyrus melewati sungai yang menjadi wilayah saya. Saya ingin Citarum kedepannya bisa dipakai anak – anak bermain, bisa ngojay, main air, karena dulu airnya aman dari limbah, yah saya sangat peduli sekali,” urainya.

IMG_20180531_205205

Menurut Kolonel Yusep, selaku DanSektor 21 dalam pemantauan dan penemuannya di lapangan, terkait  PT Adetex dan PT Papyrus Sakti, Jl Raya Banjaran Kabupaten Bandung, menarik kesimpulan, bahwa PT Adetex lebih kotor dalam membuang limbahnya ke sungai.

Dalam diskusi mediasi terbuka di lingkungan pabrik Papyrus, terlihat sample satu botol air limbah Papyrus dengan warna putih susu, yang menurut perusahaan tersebut memenuhi baku mutu.

Menurut Yusep, bila mau buang limbah ke sungai harus sudah bersih dan jernih. Terkait siapa yang hadir di perusahaan tersebut, Satgas Citarum tidak terlalu peduli, yang penting limbah yang dibuang ke sungai harus sudah dalam keadaan bersih, jelasnya. (Uchok Hendra JN)