Loading...

Edukasi Masyarakat Desa Nanjung, DanSektor 8 : Kembalikan Citarum Pada Jati Dirinya

IMG_20180504_144729

JAYANTARANEWS.COM, Kab Bandung

FB_IMG_1515036941798

Desa Nanjung merupakan desa paling ujung dari Sektor 8. Desa yang mempunyai luas wilayah 320 H dengan jumlah penduduk 16.461 jiwa ini mempunyai beberapa anak sungai yang langsung mengalir ke Citarum, diantaranya, anak sungai Ciasem, Cibeureum dan Cibogo. Baru hari ini, Jum’at, 4 Mei 2018 mendapatkan giliran Program Sosialisasi Citarum Harum.

Sosialisasi yang langsung dilakukan oleh DanSektor 8 ini juga didampingi oleh Camat Marga Asih, Drs Asep Ruswandi M.Si.

IMG_20180504_144711

Dalam paparannya, Kol Czi Aby Ismawan selaku DanSektor 8 menekankan kepada masyarakat akan pentingnya menjaga Sungai Citarum. ” Sungai Citarum dulu dengan sekarang sudah berbeda. Kita sebagai warga yang tinggal di sekitar bantaran sungai mempunyai kewajiban  untuk menjaganya. Citarum sekarang sudah kehilangan jati dirinya. ” Mari kita bersama – sama TNI bersihkan Citarum supaya kembali jati dirinya sebagai Citarum yang bersih dan harum,” ajaknya yang disambut tepuk tangan warga.

Ke depannya, kita akan buatkan Bank Sampah, supaya warga bisa mendaur ulang sampahnya,” saya titipkan Satgas, karena saya mewajibkan para Satgas tinggal dan berbaur langsung dengan masyarakat,” tambahnya lagi.

Sementara, Asep Ruswandi, meminta langsung warganya membantu para Satgas Citarum Harum. ” Jangan diam saja kalau melihat bapak – bapak TNI bekerja, kita harus malu tempat kita dibersihkan oleh Satgas, jadi nanti apabila sudah bersih terus ada yang kedapatan membuang sampah kembali, akan diberikan sanksi langsung. Supaya tidak malu, kita juga harus turun membantunya. Bangga saya dengan Kol Czi Aby Ismawan, yang turun langsung melakukan edukasi terhadap warga Nanjung,” tuturnya yang diamini oleh Pipih, salah satu anggota Gober (gorong gorong bersih).

IMG_20180504_144645

Sosialisasi yang dilaksanakan di aula Balai Desa Nanjung ini ditutup dengan pembagian sembako kepada 146 warga yang hadir, sayangnya acara sosialisasi ini tidak dihadiri oleh Kepala Desa Dian Irawan, yang kebetulan sudah 3 hari melaksanakan Bintek Kepala Desa di Jogya. (Rie 036 JN)