Eratkan Silaturahim, PWOI JABAR & Jurnalis Citarum Harum Gelar Bukber & Bahas Progres Kedepan

IMG-20180523-WA0251

JAYANTARANEWS.COM, BANDUNG

FB_IMG_1515036941798

Pada Rabu, 23 Mei 2018, Anggota Jurnalis yang tergabung dalam wadah JPCH (Jurnalis Peduli Citarum Harum), bertepatan dengan bulan Suci Ramadhan, mengundang seluruh anggota JPCH bertempat di Kantor Sekretariat JPCH, Jalan Situ Cileunca No 17, Kelurahan Cijagra, Kecamatan    Lengkong, Kota Bandung.

IMG_20180523_211354

Hal demikian digagas guna menghadiri rapat anggota sekaligus Buka Puasa Bersama, agar para Jurnalis yang peduli denga Citarum Harum semakin solid dan kompak.

Acara silaturahim dan buka bersama yang dilanjutkan dengan rapat internal para Jurnalis yang tergabung di JPCH tersebut berlangsung penuh semangat dibarengi antusiasme dari para wartawan JPCH yang sangat luar biasa.

Diinisiatori Setio, SH selaku Ketua JPCH, acara tersebut dihadiri puluhan wartawan dari puluhan media, baik Cetak, Online, TV dll yang tergabung dalam JPCH (Jurnalis Peduli Citarum Harum).

Selintas bahasan dalam rapat internal dimaksud, mencakup terkait perkembangan JPCH sebagai mitra dalam kepedulian akan Program Nasional Citarum Harum.

Setio, SH selaku Ketua JPCH dalam arahannya menyampaikan, terkait temuan maupun pemberitaan Citarum Harum, kata Tio sapaan akrabnya, Insya Allah berimbang. Karena kita para Jurnalis di JPCH ini selalu proporsional dan tidak sepihak. Di mana pemberitaan sesuai dengan fakta di lapangan, tandasnya.

Dengan adanya JPCH, ditambahkan Teguh Stanley sebagai moderator, kita tidak memilah – milah dari mana medianya dan siapapun orangnya. ” Intinya kita saling bersinergi satu sama lain dalam mendukung Program Citarum Harum,” ujarnya.

Di JPCH, Edison yang juga Pimred Sunda Pos mengungkapkan, banyak pergerakan terkait Citarum Harum. Karena di dalamnya banyak Kementerian yang terlibat. Makanya banyak duta juga yang terlibat di dalamnya demi dukungan Citarum Harum.

Disinggung masalah badan hukum, masih kata Tio, legalitas itu perlu dan penting. Karena baik secara administratif dan mengingat banyaknya benturan baik di birokrasi kelembagaan maupun di lapangan, tentu dirasa perlu. ” Untuk itu, pengerucutan JPCH berbadan hukum yang dilindungi negara dan bersifat independen, akan kita upayakan,” beber Tio.

Pertemuan ini kita sepakati rutin dalam 3 (tiga) bulan sekali. Hal ini dimaksud, agar informasi sekecil apapun selalu terserap, selain untuk memperkuat tali silaturahim tentunya, pungkas Tio.

Agus Chepy Kurniadi, selaku Ketua PWOI JABAR (Perkumpulan Wartawan Online) IndependeN Jawa Barat, sangat mengapresiasi sekali kiprah para wartawan dari beberapa media (Cetak, Online, TV dll) yang tergabung di JPCH. ” Semoga tetap solid, kompak dan sinergi,” urainya.

Pembahasan diakhir acara, mengerucut pada kesepakatan pembuatan badan hukum JPC (Jurnalis Peduli Citarum) sebagai legitimasi wadah yang diakui negara dalam kepedulian Citarum Harum, dengan pembentukan Kepengurusan struktural dalam wadah dimaksud.
(Tim JN)