Loading...

PT Daliatex Maksimalkan Limbahnya Atas Arahan Menko Maritim

IMG_20180704_182413

JAYANTARANEWS.COM, Bandung

IMG_20180628_215930

Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan (LBP) saat pertemuan di Luxury Hotel Bandung beberapa bulan yang lalu, sempat mengundang ratusan pengusaha dan mengimbau langsung untuk memaksimalkan mengolah limbah dengan baik, dan perbaiki IPAL nya agar limbah pabrik atau industri yang dibuang untuk tidak mencemari aliran sungai, dengan jangka waktu tiga bulan untuk segera dilaksanakan dan lakukan perbaikan secara maksimal. Terbukti, imbauan Menko Maritim mendapat  respon positif dari salah satu pengusaha industri.

IMG_20180704_182423

Dansektor VI Kolonel Yudi Zanibar, bersama jajaran Satgas Citarum melakukan sidak langsung ke Pabrik Textile PT Daliatex Jl. Moch Toha RT 2, 3 RW 10 Desa Citereup, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Rabu (04/07), pukul: 10:30 WIB.

Bersama dengan Kades Entang Sudrajat, Ketua RW dan RT, serta Tokoh Masyarakat yang ikut dalam sidak tersebut, dan didampingi Koramil juga Kapolsek Dayeuhkolot Kompol Risnanto, guna menyaksikan proses limbah tersebut.

IMG_20180704_182433

Menurut Tajudin, Bagian Safety On Treatment,” kami akan selalu mengikuti arahan dari dinas terkait, seperti yang pernah disampaikan pada kami saat diundang Pak Menko, bahwa IPAL harus baik dan mengolah limbahnya harus aman untuk dibuang ke lingkungan, makanya kami menanam ikan hidup, jenis ikan mas di kolam akhir, sebagai barometer bahwa ini aman, bisa lihat sendiri, limbah kami memakai proses biologi, dan dalam kolamnya selalu diberikan oksigen, dan kami memakai produk lokal dalam mesin press untuk mengontrol bakteri yang berlebih,” jelasnya.

Dirinya juga menambahkan, Daliatex juga selalu memperbaharui Proper (sertifikat biru) dan selalu update tiap tahunnya. ” Saya rasa kami selalu ikuti arahan, termasuk dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH), baik kabupaten, provinsi dan pusat. Sebaliknya, saya juga berharap bukan hanya sini saja, tapi yang lainnya juga pasti bisa,” ucap Tajudin.

Dalam kesempatan itu, Dansektor VI Kolonel Zanibar, menyampaikan pada Rudi Ujoto selaku owner secara langsung, di hadapan semua,” loh buang limbah harus aman, kalau gak aman gua cor, dan loh siapin semennya,” selorohnya dengan nada gaul, dan mengucapkan terimakasih atas semua yang ikut mengawasi dan mengontrol lingkungan agar tetap aman dan nyaman. (Hendra JN)