Loading...

Tokoh Masyarakat Cibadak TOLAK Rehab SDN 4 Paledah Pangandaran Yang Tidak Sesuai Spek

IMG_20180718_221731

JAYANTARANEWS.COM, Padaherang

IMG_20180628_215930

Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2018, jenis kegiatan rehab ruang kelas SDN 4 Paledah yang dikerjakan swakelola oleh panitia pembangunan, jumlah bantuan Pemerintah Kabupaten Pangandaran melalui Dinas Pendidikan dari DAK senilai Rp 256.466.704,00 untuk 4 ruang kelas.

Pekerjaan tersebut disoal warga dan Sekretaris Komite SDN 4 Paledah Sutarmo, dan Tokoh Masyarakat Dusun Cibadak Warino, karena pembangunan yang dikerjakan tidak musyawarah dengan komite, dan pekerjaan akhirnya tidak sesuai Spek.

IMG_20180718_221646

Foto: Kepsek dan Sekjen Komite

Sekjen Komite Sutarmo, kecewa dengan prilaku Kepala Sekolah yang tidak transparan, seolah membodohi komite dan warga Cibadak. ” Yang akhirnya, kepercayaan saya sebagai Sekjen Komite kurang percaya dengan kepemimpinan Kepala Sekolah,” demikian disampaikan Sutarmo.

IMG_20180718_221658

Menurutnya,” karena tidak adanya  ketransparansian Kepala Sekolah, saya berasumsi bahwa Kepala Sekolah ada kongkalikong, apa lagi tidak melibatkan musyawarah dengan komite. Akhirnya terlihat jelas, pembangunan tersebut tidak sesuai Spek, salah satunya memakai besi 8 dan besi 4,” jelas Sutarmo, dikonfirmasi JAYANTARANEWS.COM, Rabu (18/7).

Menurut Tokoh Masyarakat Warino, dirinya menolak keras apembesian untuk pembangunan rehab sekolah dengan memakai besi 8 dan besi 4. Kenapa awalnya Kepala Sekolah tidak musyawarah dulu melibatkan komite kalau tidak tahu. Saya harapkan supaya pembangunan dari Pemerintah jelas peruntukkannya, dan sesuai RAB,” ucap Warino.

” Karena saya, lanjutnya, sebagai tokoh yang mewakili masyarakat Cibadak, sangat kecewa pembangunan dari Pemerintah diduga jadi ajang cari untung. Secara sehat, saya menolak pembangunan di SDN 4 Paledah tidak sesuai Spek, dan saya berharap UPTD Kecamatan Padaherang dan dinas terkait segera turun sidak ke lapangan,” tegas Warino.

Lanjut, Kepala Sekolah SDN 4 Paledah Donto Asma, menjelaskan kepada JAYANTARANEWS.COM di rumah Tokoh Masyarakat Warino.

” Terkait pembangunan rehab SDN 4 Paledah tersebut, saya juga kaget melihat pembesian memakai besi 8 dan besi 4. Saya sempat menegur kepada ketua pelaksana pembangunan Kamil. Saya sama sekali tidak tahu kalau pembesian pakai besi 8 dan besi 4,” urainya.

Donto pun menjelaskan, kelemahan dirinya yang tidak tahu karena belum pengalaman di bidang pembangunan, kalau dibilang Spek tidak sesuai karena tidak tahu. Yang lebih tahu ketua pelaksana yang ikut Bintek, sebelum pembangunan pasti tahu RAB nya. ” Yang jelas, saya pun kaget dengan besi yang diterapkan pelaksana pembangunan”.

Donto seolah saling lempar dan menyalahkan ketua pelaksana. Dan sempat pula menyampaikan bahwa pembangunan dari 6 sekolah yang ada di Kecamatan Padaherang Pangandaran, semua belum keluar SPK nya, berikut SDN 4 Paledah,” dan saya mengerjakan pembangunan rehab ini instruksi kordinator pembangunan yang menyuruh segera dikerjakan, walau SPK belum turun dan kalau mau menyalahkan, ya ke sana ke kordinator yang menginstruksikan,” ujar Donto. (Budi JN)