Wisata Ziarah Jampangtengah, Perlu Sentuhan DISPARBUD Sukabumi

IMG_20180712_123527

JAYANTARANEWS.COM, Jampangtengah

IMG_20180628_215930

Wisata Zarah (Ziarah), demikian warga Jampangtengah kerapkali menyebutnya. Destinasi lokasi wisata Jampangtengah yang masih memiliki keunikan, menantang dan alami ini, mungkin akan menjadi aset bagi Pemerintah Daerah setempat.

Bagaimana tidak ?, Aset wisata yang berlokasi di Ciarey Desa Sindangresmi, Kecamatan Jampangtengah, Kabupaten Sukabumi ini, di samping memiliki keunikan tersendiri, namun juga menampilkan dengan beberapa lokasi menarik, yakni adanya Goa yang indah dan belum terjamah banyak orang.

IMG_20180712_123609

Konon katanya, Goa tersebut tempat Semedi Prabu Siliwangi, yang di dalamnya terdapat seperangkat Gamelan Sunda dari mulai kendang, bonang, rebab, gong dan sosok patung menyerupai seorang sinden. Demikian Apih Udin sampaikan, selaku penunggu Goa, saat ditemui JAYANTARANEWS.COM, belum lama ini.

Tidak hanya itu, di dalam goa tersebut juga ada kolam kecil dengan piaraan ikan yang tidak sembarang orang bisa mengambilnya, dan konon katanya, jika ikan bisa ketangkap, si pengunjung bisa menjadi sugih (kaya), urai Apih Udin.

Asep, Kades Sindangesmi, Kecamatan Jampangtengah, ketika disambangi JAYANTARANEWS.COM, membenarkan akan adanya Goa peninggalan Prabu Siliwangi,” yang entah itu nembak ke mana, kita ngga tahu. Tapi menurut cerita orang tua, kata Asep, bisa menembus ke tempat Zarah wilayah lain, dan setahu saya ada 12 pintu yang entah itu nembus kemana, bisa juga ke Pelabuhan Ratu, atau bisa ke Goa Siluman Cianjur,” tuturnya.

” Saya dulu sekitar 10 tahun ke belakang, pernah diajak sesepuh ke dalam, hanya kita baru nembus pintu ke 3 yang ada kolam, dan ada patungnya juga Gamelan Sunda. Kita berharap, pihak Pemerintah dalam hal ini Dinas Pariwisata, bisa melestarikan Goa tersebut,” paparnya.

(Pid JN)