Loading...

Benar Atau Dusta Vertiver Rumput Ajaib Tidak Sama Dengan Akar Wangi

IMG_20180825_164536

JAYANTARANEWS.COM, Kab Bandung

IMG_20180628_215930

Irma Hutabarat, salah satu penggiat dan aktivis peduli lingkungan, cukup sedih melihat Sungai Citarum yang sangat tidak aman dan kotor dipenuhi limbah beracun. Dirinya menangis melihat rusaknya dan tidak terawatnya hulu Sungai Cisanti. Hal ini diungkapkan, karena pengalaman dirinya di lingkungan Sangkan Hurip dia tinggal, pernah menyaksikan anak perempuan tetangganya itu mengalami gatal di kelamin, dan tak kunjung sembuh akibat memakai air yang sama dari Citarum.

IMG_20180825_164551

Ketika diwawancara langsung JAYANTARANEWS.COM, Sabtu (25/8), dirinya menjelaskan. ” Saya tergugah selaku penggiat lingkungan yang didorong juga oleh rekan saya, untuk merubah dan peduli Sungai Citarum harum bersih, dan ini harus dilakukan dari hulu dulu sebelum ke hilir, karena Sungai Citarum hulunya ada di Cisanti. Bayangkan, hulunya saja sudah menyedihkan, dan saat itu cukup rusak dan rawan bencana longsor, karena banyak alih fungsi,” ucapnya.

Sungai adalah nadinya kota atau negara, bayangkan bila sakit. Sungai Citarum hulunya di Cisanti, dan bersama penggiat serta dukungan dari TNI saat itu, kita melakukan penanaman vertiver, karena vertiver tanaman jenis rumput yang cukup kuat dan multi fungsi. Dengan akar yang kuat, seperenam kawat baja kekuatannya, sehingga bisa mencegah sedimen, longsor, menghancurkan plastik, dan menghilangkan racun yang masuk di air, tutur Irma.

Dalam 6 bulan itu cukup signifikan sekali. Terimakasih dengan TNI, karena bisa menekan biaya yang sangat minim.

Masih menurutnya, sungai urat nadi kota atau negara, bagaimana bila sakit, jelas itu masalah besar. ” Saya selaku penggiat harus bisa berikan solusi, kita tahu erosi, sedimentasi dan polusi, itu masalah utama serius, dan harus bisa diatasi, vertiver ini bisa melindungi, sungai infrastruktur juga, sanitasi juga langsung buang ke sungai, ini bisa dijadikan solusi eco toilet, karena akarnya bisa menyaring saat dibuang ke sungai,” ungkapnya.

Vertiver dapat mengurai logam berat, dan bisa hidup di air, vertiver jenis ferinial, dia akan selalu tumbuh, bila hujan dia akan subur, bukan jenis akar wangi yang di Garut, akar wangi tumbuh seperti sereh, dan bisa dipanen, vertiver ditanam bukan untuk dipanen, tapi untuk konservasi, dan akar vertiver harus 20 cm untuk awal tanam. Bila gundul susah untuk tumbuh, vertiver jenis rumput yang akarnya bisa menahan infrastruktur, erosi, longsor dan menyerap racun,” tutup irma.
(Uchok Hendra)