Lurah Bale’endah Kewalahan, Sampah Berjejer Sepanjang JAKSANARANATA

IMG-20180820-WA0192

JAYANTARANEWS.COM, Bale’endah

IMG_20180628_215930

Bale’endah Kabupaten Bandung, tak luput dari pemandangan sampah yang selalu berkelanjutan. Terlihat di Jalan Utama Jaksanaranata, sampah berjejer sepanjang jalan, dan menjadi pemandangan yang biasa, karena memang selalu begitu dan teramat sering, padahal jalan ini menuju Pengadilan dan Kejaksaan Balebandung. Serasa kurang elok dipandang bagi yang melintasinya, ditambah lagi dibakar di pinggir jalan.

IMG_20180820_233102

Saat di konfirmasi JAYANTARANEWS.COM, Senin (20/08), pukul: 15:30 WIB, Lurah Bale’endah Moch Jauhari, BA membenarkan. ” Yah, memang benar seperti itu, dan kami selalu melakukan pembersihan setiap hari Jum’at, menjadi korve membenahi sampah yang tidak kunjung habis, selalu ada dan terus begitu,” ucapnya.

IMG-20180820-WA0191

” Sampah yang dibuang di pinggir jalan itu, disimpan dulu di kecamatan, tiap minggu ditumpuk pakai karung, dan selama 2 minggu bisa penuh satu truck sampah, kadang pihak Dinas Lingkungan Hidup Soreang tidak mau mengangkut, sampai numpuk, dan sempat ditegur Bupati, Camat Bale’endah, alasannya Dinas LH pakai surat dulu, dan saya mah ribet, urusan Camat aja, dah sekarang mah perangkat kecamatan, kelurahan mah, ” jelas Lurah.

Sampah yang menumpuk ada 6 (enam) titik, dari Pabrik Dus, Delimatex, Uniba, Jalan Siliwangi, dekat pasar, karena pihak pasar tidak mau tanggung jawab, alasannya bukan sampah pasar. Memang sampah tersebut bukan punya warga Bale’endah, tapi warga lain yang melintas, tetap kita membenahi, dan sampah yang diangkut dinas juga bayar, sebulan Rp 1.250.000 ditambah lagi uang jejeknya Rp 250.000 perbulan, yah karena sopir juga kasian, uangnya dari situlah. Namun masalahnya, dinas sendiri sering telat ngangkut, bahkan sempat ngadat dulu kita, pernah sampahnya langsung kita kirim ke dinas, tetap saja duit – duit juga,” tutup Lurah. (Uchok Hendra)