Calon Rektor UNPAD Sosialisasi & Diuji Para Tokoh Masyarakat Jawa Barat

IMG-20181010-WA0039

JAYANTARANEWS.COM, Bandung

IMG_20180628_215930

Majelis Wali Amanat UNPAD (MWA UNPAD) yang berkantor di Jalan Cimandiri No 21 adalah merupakan penyelenggara yang bertanggung jawab dalam Pemilihan Rektor di UNPAD.

Setelah melewati beberapa proses, mulai dari pendaftaran Calon Rektor, seleksi,  verifikasi, hingga vote suara, akhirnya menyisakan kandidat unggul sebanyak 3 (tiga) kandidat atau calon.

Calon atau kandidat terpilih, diantaranya :

1. Aldrin Herwany, SE, MM, Ph.D
2. Prof H Atip Latipulhayat, SH, LL.M, Ph.D
3. Prof Dr H Obsatar Sinaga, SP, M.Si

Setelah terpilih, tentunya masing – masing kandidat/calon mempunyai Visi, Misi, dan Program Kerja untuk kemajuan UNPAD khususnya, dan masyarakat Jawa Barat pada umumnya, dan harus diketahui secara publik.

IMG-20181010-WA0026

Akhirnya, MWA UNPAD/Penyelenggara memilih lokasi di Auditorium Harian  “Pikiran Rakyat” Jalan Asia Afrika No 77. Ketika ditanya kenapa diadakan di sana?, sumber menyebutkan, untuk menjaga netralitas pemilihan di samping faktor keamanan dan kenyamanan.

Sekitar jam 11 acara dimulai, dan dibuka oleh Moderator Erwin Kustiman dan sambutan dari Kang H Noe Firman Pemimpin Redaksi pikiran Rakyat, bersama Rudiantara dari MWA UNPAD yang memperkenalkan ketiga calon dan diawali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan Hymne UNPAD dan do’a, selanjutnya paparan Program dari para kandidat, yang isinya adalah :

Kandidat ke 1 : Aldrin Herwany, SE, MM, Ph.D
– Mempercepat pembangunan RS UNPAD
– Memberdayakan anak perusahaan dibawah managerial UNPAD
– Mendigitalisasi semua kegiatan Civitas Academic di UNPAD
– Melakukan edukasi kepada masyarakat mengenai sampah melalui KKN
– Mengedepankan Riset sebagai acuan berbasis data

Kandidat ke 2 :
Prof H Atip Latipulhayat, SJ, LL.M, Ph.D
– Lebih mengedepankan
kekhususan suatu wilayah dimana ada  pusat pendidikan di suatu kota, harus menjaring, memintarkan, dan mendayagunakan masyarakat di sekitarnya, contoh Leiden Universty bersama masyarakat Leiden itu sendiri
– Menyempurnakan Program ASUP JABAR yang sudah digagas Rektor sebelumnya
– Melakukan hilirisasi keilmuan dan membangun Program Relasi baik antar kampus, masyarakat, dan stakeholder yang ada

Kandidat ke 3 :
Prof Dr H Obsatar Sinaga, SP, M.Si
– Lebih mengedepankan sejarah dan culture wilayah dan fungsi dari UNPAD sebagai kampus dan civitas academic agar lebih memperhatikan lingkungannya, tidak mencabut akar budaya lokal, tetapi mengembalikan masyarakat kepada akar budaya tersebut, hingga UNPAD lebih akrab dengan lingkungannya dan menjadi milik semua warga masyarakat Jawa Barat
– Mengutamakan tampungan masyarakat lokal khususnya Jawa Barat. Jika masyarakat ingin kuliah di sana dan mampu secara keilmuan, silahkan pilih UNPAD. Jika tidak mampu secara financial, diusahakan digratiskan
– Hal – hal bersifat teknis tidak terlalu diurai, karena di sini visi dan misi sudah jelas, akan tetapi kandidat nomor 3 ini siap mendedikasikan seluruh kemampuannya untuk kemajuan UNPAD, dengan motto yang Nyunda, yaitu : “UNPAD Unggul Pinunjul Maslahat Keur Balarea”

Dari ketiga calon atau kandidat,  mendapat perhatian penuh dari semua peserta yang hadir mulai dari perwakilan Kodam III SLW, POLDA Jabar, Anggota Dewan Pusat dan daerah, Paguyuban Pasundan, Garpis Damas dan para Tokoh  serta Pemuka Masyarakat Jawa Barat lainnya, seperti :
Kang Uu Rukmana, Kang Tjetje Padmadinata, Ceu Popong, Kang Didi Turmudji, Kang TB Hasanudin, Kang Iwan UNPAD, Pak Adil Fadhila Kusuma, Kang Ruslan, Kang Djoni Hidayat, dan nama – nama besar lain yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

Pemaparan, komunikasi dan penjelasan dari ketiga calon mendapat tanggapan dari semua pihak, hingga terlihat suasana keakraban dan silaturahim dalam wacana sosialisasi Program Rektor UNPAD 2019 -2024, dan untuk selanjutnya dikembalikan kepada MWA UNPAD, guna menetapkan siapa calon yang akan menempati posisi Rektor UNPAD periode  2019 – 2024 pada tanggal 27 Oktober 2018. Good Job MWA UNPAD! (Asep KW)