Danramil 1307/Kawali Berikan Wawasan Kebangsaan Untuk Murid SMA Lumbung

JAYANTARANEWS.COM, Ciamis

IMG_20180628_215930

Mayor Inf Sukanda Suwono, Danramil 1307/ Kawali memberikan pembekalan informasi tentang wawasan kebangsaan bagi para siswa di SMA Negeri 1 Kecamatan Lumbung.

Kegiatan non fisik TMMD ke 103 Kodim 0613/Ciamis di SMA Negeri 1 Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis, digelar pada hari Selasa 30 Oktober 2018, Pukul 07:30 WIB, bertempat SMA Negeri 1 Lumbung Kabuparen Ciamis.

Dalam pemberian pembekalan wawasan kebangsaan terhadap murid, Mayor Inf Sukanda Suwono, menjelaskan secara umum pemahaman tentang wawasan kebangsaan. Ia berharap, para murid akan mengerti dan tumbuh jiwa nasionalisme.

Kegiatan tersebut dihadiri sekitar 120 para siswa/siswi SMA Negeri 1 Lumbung.

Mayor Inf Sukanda Suwono
mengatakan, bahwa Pancasila merupakan konsensus Dasar Negara, UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika.

Pancasila merupakan paham yang didasarkan atas kesadaran kebangsaan yang kuat, sedangkan esensi nilai – nilai Pancasila adalah religius, kekeluargaan, keselarasan, kerakyatan dan keadilan.

NKRI terdiri dari suku, ras, agama yang berbeda dan mempunyai banyak pulau. Keragaman harus menjadi kekuatan untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai NKRI.

Semboyan negara kita sudah sangat jelas, yaitu Bhinneka Tunggal Ika, yang artinya walaupun kita berbeda tetapi tetap satu, ungkapnya. (Budi JN)