Dansektor V Satgas Citarum Harum & BBWS Gelar Silaturahmi Dengan Mancing Bersama Warga

IMG-20181030-WA0290

JAYANTARANEWS.COM, Bandung

IMG_20180628_215930

Dansektor V Kodam III Siliwangi Satgas Citarum Harum membuat danau dan tempat pariwisata, di wilayah Citarik Kp Sapan RW 01 Desa Bojongemas, Kabupaten Bandung, dengan memanfaatkan lahan milik Pemerintah yang sudah lama mati dan tidak berfungsi, sembari menggelar silaturahmi bersama warga dengan mengadakan mancing bersama, Selasa (30/10).

IMG-20181030-WA0292

Menurut Kol Dadang Rahadiansyah melalui Kapten Usman menjelaskan, bahwa acara silaturahmi antara kami Jajaran Satgas Citarum Harum di wilayah Dansektor V Kodam III Siliwangi dan BBWS ini, semata – mata untuk menjalin kebersamaan dengan warga melalui mancing ikan bersama di danau buatan. Warga sangat antusias sekali, sampai yang hadir mencapai 170 an orang dalam acara silaturahmi tersebut, katanya.

” Ini salah satu bukti kebersamaan dengan warga masyarakat dalam program pemanfaatan lahan yang dianggap tidak berguna dan kumuh, yang dilakukan oleh Jajaran Satgas Citarum Harum di wilayah Dansektor V,” urai Kapten Usman, saat dikonfirmasi JAYANTARANEWS.COM di lokasi Oxbow.

Lahan tersebut adalah lahan yang sudah lama mati, bahkan warga masyarakat setempat enggan untuk melintasinya, karena memang sebelumnya, selain dianggap angker, lahan tersebut kumuh dan jadi tempat sampah. Maka dari itu, kami memelihara lahan tersebut supaya menjadi lahan yang produktif dan bermanfaat, ungkapnya.

Tapi Alhamdulillah, berkat kerjasama kami dengan pihak BBWS serta warga setempat, lahan ini kami tata sebaik mungkin sebagai tempat yang dapat dimanfaatkan oleh warga semua, ucap Usman.

Selain dapat bermanfaat, imbuh Usman, tempat ini rencananya akan ditata menjadi tempat wisata, seperti dijadikannya tempat kolam pemancingan, taman, penanaman pohon dan bunga, sehingga akan bermanfaat dan terlihat indah, imbuhnya.

Semoga ini menjadi motivasi bagi warga masyarakat luas, dalam memelihara, memanfaatkan lahan, atau lingkungan yang berguna bagi semua masyarakat, harap Usman.

Kami dari BBWS Citarum OP beserta Jajaran Satker OP III, sangat berterimakasih kepada Jajaran Satgas Citarum Harum Sektor V, dan kami sangat mengapresiasi dengan Program Dansektor V, dimana program penataan dimaksud mengerjakan seluas12 Km Sungai Citarik di wilayah Dansektor V, kata Joko Dwi Priyono OP III BBWS Citarum menambahkan.

Selain pemantauan limbah untuk Program Citarum Harum, Jajaran Satgas yang dipimpin Dansektor V Kolonel Dadang Rahadiansyah, juga melakukan penataan badan sungai, normalisasi dan Oxbow, timpalnya.

Masih menurut Joko, kami sangat mensupport ataupun mendukung dengan Program Sektor V, sehingga kami menurunkan bantuan alat berat sejak lima bulan ke belakang untuk melaksanakan Program Sektor V, seperti halnya penataan badan sungai, normalisasi sungai, juga Oxbow, tambahnya.

Menurutnya, program ini sebagaimana dituangkan dalam Kepres No 15 Tahun 2018, tentang Program Percepatan Citarum Harum. Selain itu, dengan penataan ini yang dilaksanakan oleh Sektor V, diharap dapat mengembalikan Aset Pemerintah yang dimanfaatkan oleh masyarakat yang tidak berizin.

Dengan adanya penataan ini, terpenting menjadikan tanah yang produktif dan bisa menjadi taman, tempat wisata dan fasilitas lain yang bermanfaat bagi masyarakat, ucapnya.

Maka dari itu kami sangat mendukung sekali terhadap Progran Sektor V, yang betul – betul nyata dengan apa yang dilakukan Sektor V, kelihatan lebih rapi dan tertata, sehingga begitu turun hujan sudah bisa mengalir lancar. Mengenai sampahpun sudah sangat bagus, karena sampah di Sungai Citarik minimal sudah berkurang, dan warga pun tidak ada yang membuang sampai ke sungai dengan dilakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Satgas Citarum terhadap warga yang membuang sampah ke sungai, pungkasnya. (Tim JN)