DPRD Pangandaran Paripurnakan 3 RAPERDA

IMG-20181122-WA0001

JAYANTARANEWS.COM, Pangandaran

IMG_20180628_215930

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pangandaran, Paripurnakan tiga buah Rancangan Peraturan Daerah (Raperda), Rabu (21/11/18).

Tiga buah Raperda yang diparipurnakan, yaitu penjelasan bupati terhadap Raperda tentang Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2019, Raperda tentang Izin Mendirikan Bangunan (IMB), dan Raperda tentang Penyertaan Modal.

Ketua DPRD Pangandaran Iwan M Ridwan mengatakan, Raperda APBD akan dibahas oleh Badan Anggaran (Banggar) yang terdiri dari 17 anggota DPRD, dan itu merupakan utusan dari seluruh fraksi dan unsur pimpinan. Sementara, untuk Raperda lainnya akan dibahas oleh Komisi II DPRD, terangnya.

Setelah itu, lanjut Iwan, rapat dilanjutkan dengan jawaban Bupati atas Pandangan Umum Fraksi – fraksi DPRD terhadap Rancangan Peraturan Daerah tentang APBD Tahun Anggaran 2019, juga Raperda tentang IMB dan Penyertaan Modal.

Menurutnya, perihal dengan retribusi IMB di Kabupaten Pangandaran, telah ditetapkan dengan Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2016, dan jenis bangunannya terdiri dari gedung dan bukan gedung.

Dalam peraturan mengenai retribusi bangunan bukan gedung belum diatur. sebab, penghitungan besaran antara retribusi gedung dan bukan gedung tidak bisa disamakan. ” Kondisi seperti itu, perlu ada dasar untuk memberikan kepastian hukum,” ungkapnya.

Sementara, kata Iwan, untuk bangunan tower atau menara telekomunikasi dan reklame luas bangunannya sangat kecil jika dihitung menggunakan rumusan IMB, nilainya sangat kecil.

” Jadi, perlu adanya penetapan tentang retribusi IMB dan perubahan atas Perda Nomor 6 Tahun 2016,” tandasnya.
(Nana JN)