Raih Prestasi Masa Depan, SDN Mekarsari Cicalengka Prioritaskan Sarpras

IMG-20181130-WA0173

JAYANTARANEWS.COM, Cicalengka

IMG_20180628_215930

Menjadi sekolah yang memiliki tingkat kepercayaan tinggi dari masyarakat, tentu saja tidak mudah. Perlu dilakukan upaya – upaya manajerial yang komprehensif dan berkesinambungan.

Terlebih, di sekolah dasar negeri yang kini harus bersaing secara kualitas sekolah lainnya untuk mendapatkan kuantitas kepercayaan dari masyarakat.

Hal itulah yang menjadi titik permasalahan di SDN Mekarsari Cicalengka yang kini hanya dipercaya sebanyak 135 orang tua yang menitipkan anaknya untuk bersekolah di sana.

SDN Mekarsari yang berdomisili di Jalan Raya By Pass Kp Bojong Asih, Desa Cicalengka Wetan, Kecamatan Cicalengka, adalah salah satu sekolah dasar yang masih banyak kelemahannya, baik dalam segi infrastruktur bangunan sekolah, SDM dan faktor lingkungan sekolah.

Seiring berjalannya waktu, lambat laun SDN Mekarsari mulai berbenah. Salah satunya dengan membangun sarana dan prasarana ruang belajar yang representatif bagi siswa. ” Kita sedang meningkatkan bangunan sekolah untuk pelayanan pendidikan kepada siswa,” ungkap Acep Suryana, S.Pd kepala sekolah SDN Mekarsari.

Selain sarpras bangunan, hal lain yang menjadi perhatiannya adalah Sumber Daya Guru atau tenaga kependidikan (SDM), dan masalah keamanan sekolah, sehingga kenyamanan belajar dapat tercapai.

IMG_20181130_183532

” Sekolah kami butuh aman, nyaman dan kondusif, aman terhindar dari gangguan eksternal, nyaman dalam arti siswa dan guru memiliki rasa betah di sekolah,” ungkapnya.

Acep berharap, setelah beresnya pembangunan ruang kelas baru yang dikerjakannya secara swakelola, dapat meningkatkan layanan mutu pendidikan kepada masyarakat lebih baik lagi.

” Mudah – mudahan, setelah memiliki gedung baru, sekolah kami dapat meningkatkan layanan mutu pendidikan dan berprestasi kedepannya,” harapnya.

Senada dengan Kepsek, Kepala UPT Pendidikan Cicalengka Drs Nandang Rusmana, MM menuturkan. Berdasarkan pantauannya di lapangan, progres pembangunan gedung baru yang dilaksanakan swakelola oleh sekolah sudah sesuai dengan apa yang diharapkan.

” Usulan SDN Mekarsari untuk dibangun ruang kelas baru melalui dapodik yang tidak dapat diubah, kini pelaksanaannya sudah sesuai progres,” ungkapnya.

Dikatakan Nandang, kedepan, tujuan pembangunan ini adalah untuk meningkatkan daya tarik pelayanan terhadap sarana dan prasarana yang ada, yang lokasinya berada di pinggir jalan raya nasional.

Setelah memiliki sarana da prasarana yang baik, diharapkan sekolah tersebut dapat memberikan pelayanan dan kenyamanan siswa dalam belajar dan memunculkan kepercayaan diri kepada siswa tenaga kependidikan termasuk para orang tua atau masyarakat.

” Ketika anak dan tenaga kependidikan sudah merasa nyaman melakukan kegiatan belajar mengajar di sekolah, maka prestasi akan muncul,” tegasnya.

Diharapkannya, SDN Mekarsari kedepan meiliki ciri, nilai jual dan dapat dipomosikan. ” Sekolah yang baik adalah sekolah yang sudah mempunyai ciri, punya nilai jual dan dapat dipromosikan setiap kali ada event,” katanya.

Sementara untuk lingkup internal sekolah harus meningkatkan kualifikasi para gurunya, tenaga kependidikannya, dan terjadinya pengembangan karier di sekolah tersebut.

” Sekolah yang baik adalah yang dapat meingkatkan kualifikasi sekolahnya, SDM nya, dan adanya pengembangan karier bagi para gurunya,” bebernya.
(Tim JN)