Batu Kuda, Wisata Hutan Pinus Yang Digemari Anak Kampus

IMG_20181210_234114

JayantaraNews.com, Bandung

Keriangan pengunjung menjadi pemandangan yang mengasyikan saat berkunjung ke Taman Wisata Alam Batu Kuda.

Di tengah Hutan Pinus yang asri dan sejuk, ada beragam kegiatan. Mulai dari keluarga yang bercengkerama sambil makan bersama, tidur di hammock atau hanya yang santai duduk sambil menikmati minuman khas Batu Kuda, yaitu Bandrek Manglayang buatan Abah Aan di kursi kayu yang banyak tersebar.

IMG_20181210_234131

Disisi lain, keasyikan anak – anak milenial juga tampak di sini. Mereka terus mengeksplore berbagai tempat. Sign bertuliskan Batu Kuda serta pohon pinus untuk selfie.

Keasyikan Batu Kuda sepertinya tidak hanya dari tebaran aura alamnya semata. Disamping aman, Batu Kuda dikenal karena tempatnya bersih dan resik. Hal ini tidak terlepas dari mata elangnya petugas yang sigap mengambil sampah yang ada.

” Pernah camping di sini sampai 4 kali. Enak tempatnya bikin fresh. Nyaman pokoknya,” kata Galih Septian, pengunjung yang datang bersama rombongan dari Bandung di lokasi Batu Kuda, Minggu (9/12/2018).

Objek wisata alam Batu Kuda memiliki ketinggian 1.150 mdpl, dengan total luas area wisata 6 hektar. Disamping Hutan Pinus, Batu Kuda memiliki situs batu – batu menhir berbentuk unik dan memiliki makna.

IMG_20181210_234102

Selain situs utama Batu Kuda, terdapat pula situs lainnya, yaitu Batu Kursi, Batu Lawang,  Bagu Keuit, Batu Keraton, dan Batu Semar.

Batu Kuda banyak dikunjungi keluarga serta mahasiswa. Hal ini lantaran lokasinya tidak jauh dengan lingkungan kampus di wilayah Bandung Timur. Hal ini menjadikan Batu Kuda banyak disenangi anak kampus untuk berkegiatan.

Selain banyak dikunjungi anak kampus dan warga sekitaran Bandung, saat ini mulai banyak pengunjung Batu Kuda dari luar kota, seperti Jakarta, Bekasi dan dari beberapa kota di Jawa Tengah.

Lokasinya terletak kawasan hutan Perhutani RPH Ujung Berung, BKPH Manglayang Barat, KPH Bandung Utara. Sedangkan secara administratif, berada di Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung.

Untuk menuju Batu Kuda, bisa ditempuh melalui roda dua dan kendaraan roda empat mini bus. Aksesnya sendiri bisa masuk dari pasar sore Cileunyi, Cinunuk, Cilengkrang dengan jarak rata 6 Km serta jarak tempuh kurang lebih  20 menit. Bahkan tidak sedikit pengunjung menggunakan jasa ojeg online.

Karcis masuk Batu Kuda dibanrol Rp 7.500,- perorang. Harganya tidak mahal bukan, cocok buat kantong mahasiswa dan anak – anak muda. (f3sas)