Gubernur: Jawa Barat Termasuk Zona Merah Rawan Bencana

IMG-20190102-WA0310

JayantaraNews.com, Sukabumi

Menurut RK, sapaan akrab Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat), bahwa seluruh wilayah Jawa Barat semuanya termasuk zona merah atau rawan bencana. Hal itu disampaikannya saat jumpa dengan warga pasca benana longsor Kp Cimapag Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (2/01-2019).

” Kalau melihat peta Jawa Barat, itu semuanya merah. Luas Sukabumi dua pertiganya di zona merah,” kata Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, saat Jumpa Pers di lokasi pasca bencana longsor.

Emil didampingi Komandan Korem 061/Suryakancana Kol (Inf) Mohamad Hasan dan Bupati Sukabumi Marwan Hamami menyampaikan, bahwa seluruh masyarakat itu bertempat tinggal dengan kondisi bencana perlu edukasi.

” Kadang – kadang, istilahnya dikasih obat pahit tidak mau, padahal obat ini untuk menyembukan, sebetulnya dengan ilmu kita bisa hidup lebih baik. Tanpa ilmu, kita akan menjadi korban karena ketidaktahuan kita sendiri,” tambahnya.

IMG-20190102-WA0309

Di tempat yang sama, Bupati Sukabumi H Marwan Hamami menyatakan, bahwa perlunya satu pemahaman dan persepsi serta edukasi bagi masyarakat sehingga bencana bisa diminimalisir

” Bencana memang tidak bisa dihindari, namun kita perlu mengantisipasi setiap gejala alam yang terjadi, pemkab sendiri telah berupaya dengan melakukan sosialisasi yang mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pengelolaan lingkungan yang baik, di wilayah kampung adat ini, apalagi setiap ada kegiatan seren tahun kita sering mengingatkan dan memberikan pemahaman yang mengedukasi warga,” tutupnya. (Tim)