Peduli Lingkungan! Festival Citarum Dimeriahkan Emak2 & Mahasiswa UPI Bandung

IMG-20190128-WA0138

JayantaraNews.com, Kab Bandung

Sektor VI dengan warna warninya kembali bangkitkan kebersamaan sebagai dukungan berlangsungnya Festival Citarum.

Masyarakat sangat antusias menyambutnya. Ratusan emak – emak padati lomba gerak jalan sehat Festival Citarum di Taman Ceria, Minggu (27/01/19) pukul: 08.00 WIB, bersama Subsektor Bale’endah Sektor 6 di RW 21 Kelurahan Bale’endah, Kecamatan Bale’endah, Kabupaten Bandung.

IMG-20190128-WA0139

Mereka berbondong – bondong datang untuk mengikuti progam dari Mahasiswa KKN Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yang bekerjasama dengan Satgas Citarum Harum.

Kegiatan ini digagas oleh warga masyarakat Bale’endah RW 21 bersama Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia, yang bersinergi dengan Satgas Citarum Harum Sektor VI.

Acara diawali dengan senam sehat yang diprakarsai oleh mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia dan semua elemen.

Nampak para peserta yang umumnya kaum emak – emak, begitu semangat penuh tawa ceria, dengan selalu mengikuti gerakan – gerakan dari instruktur senam, yang juga diiringi anak – anak usia belia.

IMG-20190128-WA0140

Sesekali mereka berteriak dan tertawa lepas, cermin kebahagian ibu rumah tangga.

Semangat antusias juga ditunjukan para suami dan peserta laki – laki. Meski jumlahnya tidak dominan, bahkan lebih banyak peserta emak – emak, namun mereka tetap terlihat bersemangat mengikuti kegiatan yang bertema kan “Festival Citarum”, bukti dukungan semua pihak.

Setelah berapa lama senam bersama, kegiatan gerak jalan Festival Citarum pun dibuka.

Kemeriahan semakin pecah dan terasa bahagia, saat Satgas Citarum Harum Sektor VI melepas mereka untuk berjalan santai demi kebersaaman dan sama – sama peduli.

Menariknya, seluruh peserta gerak jalan ini membawa polybag sebagai wadah sampah, yang diambil sepanjang rute yang dilalui dari gerak jalan, dan setiba di garis finish, peserta yang bawa sampah terbanyak akan mendapatkan hadiah dari Panitia Festival Citarum.

Acara ini langsung mendapatkan apresiasi dari DanSektor VI Kolonel Inf Yudi Zanibar.

Dalam sambutannya, Dansektor  mengatakan,” Apalah arti sebuah progam, jika tidak ada dukungan dan partisipasi dari masyarakat, serta harus dirasakan oleh masyarakat. Seperti halnya Progam Citarum Harum yang langsung dikeluarkan oleh Presiden Jokowi bisa berjalan dengan baik, karena ada partisipasi dan dukungan masyarakat, serta ada kepercayaan dari masyarakat kepada progam ini,” jelasnya.

” Saya ucapkan terimakasih banyak kepada Mahasiswa KKN UPI dan masyarakat Bale’endah RW 21. Dengan Progam Festival Citarum ini, tentunya ini salah satu bentuk dukungan dan partisipasi masyarakat terhadap Peraturan Presiden Nomor 15 Tahun 2018 tentang Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai Citarum, untuk dirasakan warga masyarakat Jawa Barat,” ucap Yudi.

Dalam kegiatan Festival Citarum ini, selain ada pembagian Door Prize, ada juga berbagai tampilan hiburan dari warga setempat yang turut berpartisipasi. Dansektor VI dan Kapolsek Bale’endah pun turut bernyanyi, sehingga menambah semaraknya progam penuh kebersamaan.

Jalan santai Festival Citarum ini turut dihadiri oleh Muspika Bale’endah, diantaranya Kapolsek Bale’endah Kompol Supriyono, SH,  Danramil 0609/Ciparay Kapten Arm Shokibi dan Satpol PP Kecamatan Bale’endah yang mewakili Camat dan Lurah Bale’endah Kabupaten Bandung. (Hendra)