Peringatan Hari Amal Bhakti Ke 73 Kemenag KLU, Berlangsung Khidmat

IMG-20190105-WA0119

JayantaraNews.com, Lombok Utara

Puncak peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke 73 Kementerian Agama di Kabupaten Lombok Utara yang dilaksanakan pada hari Kamis, 03 Januari 2019 di lapangan Tanjung Kabupaten Lombok Utara berlangsung khidmat.

Bupati Lombok Utara Dr H Najmul Ahyar, SH, MH selaku pembina upacara, sedangkan para petugas pengibar bendera adalah anggota PASKIBRA serta komandan kompi adalah para pelajar madrasah Aliyah se Kecamatan Kayangan yang telah melalui seleksi.

Hadir di upacara tersebut, Kakankemenag KLU H Muksin, SH, M.PdI, Ketua DPRD KLU Burhanudin, S,Sos, Sekda KLU H Suardi, MM beserta para pejabat dari unsur dari TNI/POLRI, serta pejabat di lingkup Pemda Lombok Utara. Dan yang menjadi peserta anggota Satpol PP, ASN di lingkup Pemda KLU, ASN di lingkup Kantor Kemenag KLU, guru madrasah, pelajar MA,MTs dan MI se KLU.

IMG-20190105-WA0118

Lalu Rahmat Marzoan, M.Pd.I selaku Ketua Panitia HAB ke 73 Kementerian Agama Lombok Utara merasa bersyukur atas suksesnya pelaksanaan upacara tersebut.

“ Alhamdulillah, berjalan sukses, awalnya merasa kuatir karena anggota PASKIBRA baru latihan kurang dari seminggu, namun tidak ada kesalahan dalam pelaksanaan,” ungkap Lalu Marzoan.

Bupati Lombok Utara selaku Pembina upacara membacakan amanat Menteri Agama RI yang diantara isinya tentang jaminan hak beragama.

“  Melalui Peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama, kita diingatkan kembali arti 3 (tiga) pentingnya jaminan hak beragama dalam pelaksanaan Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945, terutama Sila Ketuhanan Yang Maha Esa pada Pembukaan dan pasal 29 Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia. Dalam negara kita berdasar Pancasila, bukan hanya jaminan untuk mengamalkan ajaran agama dilindungi negara, bahkan kebijakan Pemerintah tidak boleh bertentangan dengan ajaran dan kaidah agama,“ kata H Najmul Ahyar

Di ulang tahunnya yang ke 73 Kementerian Agama mengusung tema “ Jaga Kebersamaan Umat “ sejalan dengan situasi dan dekatnya menjelang pelaksanaan PILEG/PILPRES sehingga umat perlu dijaga.

Selain itu, di tahun 2019 ada 6 sasaran strategis program Kementerian Agama yakni: 1. Meningkatnya kualitas kehidupan umat beragama, 2. Meningkatnya harmoni sosial dan kerukunan umat beragama, 3. Meningkatnya kualitas pelayanan keagamaan, 4. Meningkatnya akses layanan pendidikan, 5. Meningkatnya mutu pendidikan agama dan keagamaan, dan 6. Peningkatan kualitas tatakelola pembangunan bidang agama.

Sebagai acara tambahan Kantor Kementerian Agama memberikan piagam penghargaan kepada dua ASN yang purna tugas yaitu H Ahmad Ahyar, S.Pd.I yang pernah menjadi Ketua Kelompok Kerja Pengawas (POKJAWAS) serta Ahmudin ASN di Kantor KUA Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara. Selain itu, pemberian bantuan kepada guru PAI berupa sarung, Al Qur’an, alat tulis lainnya. Penyerahan ini langsung dilakukan oleh Bupati Lombok Utara yang didampingi para pejabat dari Pemda dan Kemenag KLU. (Lonk JN)