Peringati Dharma Samudra, SAPMA PP: Kebersihan Pantai Sangat Penting

IMG-20190114-WA0301

JayantaraNews.com, Pangandaran

Dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudra, TNI dan Kepolisian beserta komponen keorganisasian Kabupaten Pangandaran melakukan aksi bersih sampah di Pantai Barat Pamugaran, Senin (14/01/19).

Andriana Mulya, S.Pd, selaku Ketua SAPMA Pemuda Pancasila (PP) yang langsung ikut menyapu sampah mengatakan, kebersihan pantai sangat penting bagi masyarakat pesisir pantai dan juga sangat baik bagi penunjang wisata pantai.

” Dengan adanya gerakan ini diharapkan, agar masyarakat tergugah membersihkan pantai dan tidak membuang sampah sembarangan, peran aktif masyarakat dalam menjaga kebersihan pantai sangat penting,” katanya.

Gerakan bersih pantai tersebut, lanjut Andriana, dilakukan dalam upaya mendorong masyarakat setempat untuk mengubah perilaku negatif dalam memperlakukan laut beserta ekosistem yang ada di dalamnya dengan sadar akan lingkungan pesisir yang bersih dari sampah.

” Kita tidak sedang melakukan gotong royong, hanya saja dengan melakukan gerakan bersih pantai ini, kita berharap bisa menjadi dorongan bagi masyarakat perisir dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan dan kelestarian laut sebagai sumber kehidupan,” ujarnya.

Menurutnya, Pantai Pamugaran yang sedang dalam tahap pembangunan secara masif untuk kawasan wisata kampung turis sebagai kawasan tempat hiburan dan kuliner harus nampak terlihat asri.

Andriana mengharpkan, kegiatan ini dilakukan terjadwal dan terus menerus, dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat, organisasi, anak sekolah, dan unsur pemerintahan dalam gerakan aksi bersih pantai ini, pungkasnya.
(Nana JN)