Seminar Nasional Kembalikan Citarum, Doni Monardo: Kita Jaga Alam, Alam Menjaga Kita

IMG-20190223-WA0031

JayantaraNews.com, Bandung

Seminar Nasional “Kembalikan Citarum”, diadakan di Grand Asrilia Jl Pelajar Pejuang pada hari Jum’at (22/2) jam 8.00 WIB sampai jam 17.00 WIB, bertemakan “Bedah Buku dan Seminar Nasional Model Sinergitas Pentahelix & Merawat Alam Mitigasi Bencana”.

IMG_20190223_133418

Mantan Pangdam III Siliwangi, Letnan Jendral TNI Doni Monardo, mengucapkan terimakasih kepada semua jajaran Satgas terutama ekosistem dan Low Impact Development (LID) untuk Citarum Harum sampai terbitnya Perpres No 7 Tahun 2018.

Jika kualitas air dibiarkan jelek, banyak masyarakat yang akan mengalami gangguan kesehatan. Untuk itu, marilah kita bersama-sama untuk mewujudkan keinginan pemerintah tentang sumber daya manusia dan mewujudkan Citarum Harum kembali.

” Sampai hari ini, Sungai Citarum sudah menuju lebih baik, namun masyarakat jangan dulu puas, karena tidak sampai di sini, masih ada beberapa permasalahan yang harus diselesaikan,” ujarnya.

Mari kita merawat alam, kita jaga alam, maka alam menjaga kita. Kalau kita tidak jaga alam, maka musibah akan datang silih berganti.
Kalau sumber bencana, rata-rata adalah hasil dari perbuatan manusia. Seperti alih fungsi lahan, tata ruang yang tidak dipatuhi, hingga terjadi peristiwa alam yang selau berulang, imbuhnya.

Gubernur Jawa Barat yang biasa disapa Kang Emil mengatakan,” Hari ini kami menyelenggarakan sebuah gagasan besar, kebencanaan ini bisa kita kurangi resikonya melalui kolaborasi Pentahelix,” ujarnya, usai menghadiri seminar nasional dengan tema ‘Model Sinergitas Pentahelix Merawat Alam dan Mitigasi Bencana, di Hotel Grand Asrilia Jum’at kemarin.

“ Selama ini, jangan menyangka bahwa urusan hidup kita ini hanya urusan pemerintah. Maka Pentahelix ini terbagi lima peran, ada peran pemerintah, pebisnis, universitas, peran komunitas dan peran media,” tambahnya.

Diharapkan, dalam waktu lima sampai tujuh tahun ke depan, normalisasi Citarum akan berhasil, kalau semua elemen ini kompak.

Sekarang sudah dibuatkan buku pedoman Citarum Harum. Di dalamnya memuat masing-masing peran akan mengerjakan apa dengan target apa. Nantinya tiap akhir tahun akan dievaluasi, urainya. (Bit)