Polres Sumbawa Lakukan Pemusnahan BB Narkoba & Miras

IMG-20190322-WA0527

JayantaraNews.com, Sumbawa

Satuan Reserse Narkoba Kepolisian Resor Sumbawa melakukan giat pemusnahan barang bukti Narkoba dan minuman keras (miras), (22/3) di Halaman Kantor Bupati Sumbawa.

Sementara turut pula hadir pada kegiatan tersebut, Asisten Administrasi Umum Sekda Kabupaten Sumbawa, Kapolres Sumbawa beserta jajaran, Dandim 1607 Sumbawa, Kepala Kejaksaan Negeri Sumbawa, Ketua Pengadilan Negeri Sumbawa, Ketua MUI Kabupaten Sumbawa, dan Komisioner Bawaslu Kabupaten Sumbawa.

Kemudian, pada kegiatan tersebut, Kapolres Sumbawa AKBP Tunggul Sinatrio, SIK, MH mengatakan, bahwa sejak bulan Januari sampai dengan Maret tahun 2019, Satuan Reserse Narkoba Polres Sumbawa telah menangani pengungkapan 9 kasus Narkoba, dengan tersangka laki-laki berjumlah 14 orang.

Adapun, jumlah barang bukti yang dimusnahkan, antara lain inex/ekstacy sebanyak 7 butir dengan berat 2,54 gram, Narkoba jenis sabu sebanyak 65,62 gram, dan barang bukti tindak pidana ringan yaitu minuman beralkohol, yang berhasil diungkap sebanyak 5 kasus dengan tersangka 4 orang laki-laki dan 1 orang perempuan. Jumlah barang buktinya antara lain bir sejumlah 3.524 botol dan 406 kaleng, arak sejumlah 428 botol dan 2 jeriken, vodka dan mansion sebanyak 33 botol.

Sementara, Kasat Narkoba Polres Sumbawa Iptu Faisal Afrihadi, SH mengungkapkan, bahwa pemusnahan Barang Bukti (BB)  merupakan suatu gambaran daerah ini, masih marak peredaran barang haram tersebut, yakni Narkoba, minuman keras, termasuk minuman komix yang banyak dikonsumsi secara berlebihan oleh kaum milenial.

Dan Polres Sumbawa mempunyai beberapa program dalam pencegahan salah satunya dengan cara mengadakan bhakti dan Jum’at keliling, masuk ke masjid-masjid mengajak seluruh masyarakat beserta ulama-ulama untuk bersama-sama beribadah dan bersatu melawan Narkoba, juga kegiatan minggu keliling untuk umat Kristiani, ucapnya.

IMG-20190322-WA0528

Sementara itu, di tempat yang sama, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sumbawa Syukri Rahmat, S.Ag atas menyampaikan apresiasi terhadap Aparat Penegak Hukum (Kepolisian) atas kinerja Polres Sumbawa dalam upaya memusnahkan segala hal yang berhubungan dengan Narkoba dan miras tersebut.

Dan peredaran miras di Sumbawa tidak bisa dianggap sepele karena faktanya barang bukti yang didapat oleh pihak Kepolisian tidak sedikit. Dalam hal tersebut, menuntut peran pemerintah dan seluruh elemen masyarakat mulai dari orang tua, termasuk rekan-rekan Pers untuk berpikir, bersikap sekaligus berbuat untuk bersama-sama mengantisipasi dan meminimalisir peredaran barang haram tersebut (Narkoba) di Kabupaten Sumbawa.

Sementara, agar kegiatan ini tidak berhenti sebatas seremonial belaka, namun dapat dikonkritkan lagi dengan kegiatan dan tindakan yang lebih masif di lapangan. Kepada para pengusaha miras, diimbau untuk dapat mencari rejeki dari sumber lain yang halal, mengingat dampak dari miras sangat merusak mental dan jiwa serta masa depan generasi muda, harapnya. (dhy JN)