227 Praja IPDN Kampus Sumbar Laksanakan Praktik Lapangan Di Kab Sijunjung

IMG-20190409-WA0422

JayantaraNews.com, Sijunjung

Kurang lebih dari 227 orang Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Kampus Sumatera Barat, melaksanakan praktik lapangan di Kabupaten Sijunjung, dimulai hari Selasa (9/4/2019).

Terdiri dari 227 orang praja akan melakukan praktik lapangan selama 3 minggu (21 hari) dimulai tanggal 9 April ini sampai 29 April 2019 mendatang, di lingkungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) termasuk Kantor Wali Nagari, guna mengaplikasikan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah tersebut.

Menurut KasatlatKab PL Praja Dr Mulyadi, M.Si melalui JayantaraNews.com menuturkan, praktik lapangan praja ini akan berlangsung selama 3 minggu (21 hari) dimulai dari tanggal 9 April ini sampai 29 April 2019 mendatang, sebutnya.

IMG-20190409-WA0420

Praktik Lapangan Praja ini, dikuti sebanyak 227 orang peserta, 26 peserta yang lain merupakan Nindya Praja yang akan melaksanakan praktik lapangan di lingkungan OPD di Sijunjung.

Sementara, 201 peserta lainnya adalah Madya Praka. Mereka akan melaksanakan praktik lapangan di lingkungan Pemerintahan Nagari.

Dr Mulyadi, M.Si menambahkan, Nindya Praja yang melaksanakan praktik lapangannya untuk di 5 lima (OPD), dan sementara Madya Praja yang lain disebar ke sejumlah 50 nagari, tambahnya.

Menurut Dekan di Fakultas Politik dan Pemerintahan, Dr Ismail Nurdin, M.Si, mengucapkan terimakasih kepada Bupati Sijunjung Drs H Yuswir Arifin beserta jajaran Pemkab Sijunjung, yang telah bersedia menerima Praja IPDN untuk praktik lapangan di lingkungan Kabupaten Sijunjung, kata Ismail.

Ia menjelaskan, praktik lapangan untuk para praja ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Kampus-Kampus IPDN se Indonesia.

Diketahui, ada 5.182 praja yang melaksanakan tugas praktiknya di lapangan yang disebar di seluruh Indonesia, tambahnya.

“ Pratik lapangan ini adalah untuk mempersiapkan kader pemerintahan yang cukup handal, dan nantinya di tempatkan di seluruh Indonesia,” tutupnya.

Bupati Sijunjung Drs H Yuswir  Arifin mengucapkan selamat datang kepada Rektor beserta Civitas Akademika dan ke segenap Praja IPDN di Kabupaten Sijunjung.

Bupati juga sangat berterimakasih dengan semua ini, suatu kebanggaan bagi seluruh jajaran Pemkab Sijunjung, ulasnya.

Seterusnya, Bupati Sijunjung meminta Camat dan Wali Nagari untuk membantu Praja IPDN yang melaksanakan praktik lapangan di wilayahnya, bantuan itu berupa tempat tinggal maupun fasilitas yang dibutuhkan, tutup bupati.

Apel pembukaan Praktik Lapangan Praja IPDN dibuka di lapangan Prof M Yamin Muaro Sijunjung, dengan penyerahan topi kepada bupati dan unsur Forkopimda, penandatanganan berita acara, juga serah terima praja yang praktek di lapangan dan penandatanganan perjanjian kerjasama IPDN dengan Pemkab Sijunjung, serta penyerahan Formulir A dari Ketua KPU, Lindo Karsyah kepada Praja IPDN tersebut.

Dipembukaan apel ini, Kepala Biro Admiistrasi IPDN Dr Drs Andi Ony P, M.Si, dan Dekan Fakultas Politik dan Pemerintahan Dr Ismail Nurdin, M.Si, ibu asuh praja Dra Riani Bakri, M.Si, Kasat Manggala, Brigjen Pol M Zakhlin Letter, Plt Direktur IPDN Kampus Sumbar Drs Bustamar, MM, unsur Forkopimda, Sekdakab, Staf Ahli Kabupaten, Asisten, Kepala OPD dan ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sijunjung. (ZUL)