Persib & ExxonMobil, Sepakat Dunia Sepakbola & Ekonomi Pedesaan Jabar Bergeliat

IMG-20190411-WA0293

JayantaraNews.com, Bandung

Berita gembira bolehlah dikatakan ini, pasalnya klub sepakbola profesional Persib Bandung pada 11 April 2019 di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, resmi mengikat kerjasama sponsorship dengan perusahaan minyak dan gas ExxonMobil. Perusahaan multi nasional asal negeri Uwak Sam ini menjalin kontrak untuk 3 tahun ke depan!

Teddy Tjahyono, Direktur Utama PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), menjelaskan ExxonMobil kini menjadi salah satu sponsor utama Persib. Logo ExxonMobil akan menempel di bagian depan kostum Persib. Menurutnya, ini terjadi setelah 6 bulan bernegosiasi:

IMG-20190411-WA0294

“ ExxonMobil akhirnya bersepakat mensponsori klub kebanggaan warga Jawa Barat, jadi salah satu sponsor utama Persib,” paparnya, dengan rasa gembira disela-sela tingkah lucu mascot Persib ‘Prabu’.

Dalam hal ini Vice Presiden ExxonMobil, Kamal Singh menyatakan, minatnya menggandeng Persib karena di Indonesia, olahraga yang paling populer tiada lain sepak bola. Persib pun, kata dia, menjadi tim terbesar di Jawa Barat.

” Apalagi di Indonesia olahraga nomor satu yang paling digemari adalah sepak bola. Karenanya, kami pilih Persib sebagai klub terbaik di Jawa Barat,” ujarnya.

Alasan ExxonMobil mensponsori Persib yang sebelumnya melakukan hal yang sama di NBA China dan aneka olahraga termasuk Formula 1, agar produknya lebih dikenal konsumen di Indonesia. Begitu pun jajarannya, amat mengapresiasi prestasi yang telah dibangun Persib selama ini.

IMG-20190411-WA0295

Dalam praktiknya, ExxonMobil pun melalui sponsorship ini, akan mendukung mobilitas dan menggeliatkan perekonomian warga Jabar. Caranya, menyediakan BBM berkualitas handal dan aman hingga ke pelosok Jabar.

“ Diantaranya kami menyediakan BBM berkualitas jenis RON 92 untuk kendaraan bermotor roda dua maupun empat, termasuk standar keamanan dan pelayanan berkelas dunia,” urai Kamal Singh, yang selama acara peresmian berlangsung ikut memancarkan rona sumringah.

” Ini merupakan satu momen yang sangat bagus bagi Exxon. Sebelumnya, kita kerjasama ada di NBA di China, kemudian beberapa olahraga di Formula 1. Ini merupakan bukti bagi ExxonMobil di Indonesia untuk lebih dekat degan konsumen di Indonesia,” ujarnya.

Sekedar info, ExxonMobi adalah sponsor ke-15 bagi Persib dewasa ini. Selain ExxonMobil, ada beberapa perusahaan besar lain yang yang menempel di kostum resmi skuad Maung Bandung. Ke’empat belas sponsor Persib itu, diantaranya Indofood, Gojek, Permata Bank Syariah, Pria Punya Selera, Kopi ABC, FWD Insurance, Elevenia, Sportama, Corsa, Achilles, Envi, Panter, ISMC, dan terakhir Bobotoh FM.

Menurut Manajer Persib Umuh Muhtar, kehadiran ExxonMobil dipastikan berdampak positif untuk kinerja tim. Yang menarik ExxonMobil akan mewujudkan pemberdayaan ekonomi melalui Mikrosite (BBM di pedesaan), dan SPBU BBM untuk wilayah Jabar.

” Biasanya yang bermitra dengan Persib seperti dulu-dulu itu, omsetnya naik tiga kali lipat. Sehingga tahun depan kontraknya akan lebih besar lagi,” pungkasnya. (Harri Safiari)