Loading...

Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Sumbawa Gelar Pentas Seni Pelajar Se Kabupaten

IMG-20190413-WA0281

JayantaraNews.com, Sumbawa

Dalam ikhtiar meningkatkan partisipasi pemilih, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sumbawa melaksanakan giat pentas seni yang diikuti siswa-siswi SMA/SMK di Kabupaten Sumbawa.

Ada dua jenis kesenian yang diperlombakan, yakni lomba paduan suara Mars KPU dan Lomba Ngumang, di halaman Kantor KPU Sumbawa, Sabtu (13/4).

Kemudian, saat ditemui  JayantaraNews.com, Komisioner KPU Divisi Sosialisasi Muhammad Ali, S.Ip Mengungkapkan, bahwa dengan dilaksanakannya pagelaran pentas seni adalah bentuk sosialisasi dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih pada Pilpres/Pileg 2019 ini. Hal ini sebagai tindak lanjut grand desain, yakni peningkatan partisipasi masyarakat pada Pemilu 77,5%.

” Pada Pilgub NTB beberapa waktu lalu, partisipasi masyarakat sebanyak 75%. Hal ini menggambarkan, masyarakat semakin sadar bahwa Pemilu merupakan salah satu bentuk partisipasi masyarakat dalam meningkatkan harkat dan martabat,” ujarnya.

IMG-20190414-WA0152

Dan komunitas seni merupakan salah satu sasaran dalam rangka sosialisasi 2019, sehingga lomba ini selain menjadi peserta juga bisa menjadi relawan demokrasi. ” Kesuksesan Pemilu hanya dapat dicapai ketika Pemilu dilaksanakan dengan jujur, adil dalam suasana damai,” ungkap Ali sapaan akrabnya.

” Mari kita saling menghormati pilihan kita masing-masing. Melalui lomba ini, mari ciptakan kreasi baru, antara konsep Pemilu dengan budaya populer dan tradisional,” ucapnya.

Untuk diketahui, bahwa kegiatan lomba seni ini merupakan agenda terakhir kegiatan KPU menjelang masa tenang. Karenanya, masyarakat diharapkan dapat membantu KPU sebagai bentuk atensi untuk mensyiarkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu.

” Ayo ke TPS pada tanggal 17 April mendatang. Jaga sportifitas, profesinailitas yang tinggi, dan etos kerja. Partisipasi masyarakat adalah bentuk konstribusi bagi bangsa dan negara,” tegas Ali. (Dhy JN)