Belasan Honorer PTPS Cibeunying Cimenyan Belum Terbayar, Siapa Bertanggung Jawab?

IMG_20190502_185252

Gambar Ilustrasi

JayantaraNews.com, Cimenyan

Honor Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Kelurahan Cibeunying, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, belum terbayar, padahal proses pemungutan suara dan rekapitulasi di tingkat TPS sudah beres.

Honor sekitar Rp 550.000 itu belum terbayar. Hal ini seperti diungkapkan salah satu anggota PTPS 61 (Iwan Kartiwan alias Ute) dan TPS 62, di RW 10, Kelurahan Cibeunying, Kecamatan Cimenyan, saat mengeluhkan soal honorernya yang belum ia terima, kepada JayantaraNews.com, Kamis (2/5/19).

IMG_20190502_185324

Sampai saat ini data dari anggota PTPS yang honorernya belum terbayar baru 12 orang, yakni:

1. Nursandy
2. Faruq Zaenal Mutaqin
3.Tini Gustiani
4. Annisa Nurhabibah
5. Hani Handayani
6. Iwan Kartiwan
7. Eulis Solihat
8. Andri Rahayu
9. Liana Andriani
1o. Lucky Hermansyah
11. Anja Idya
12. Komaruddin

Dimungkinkan ada lebih dari 12 orang sebagaimana tertera di atas, dan bisa jadi untuk wilayah Kecamatan Cimenyan sendiri, masih banyak anggota PTPS mengalami hal yang sama.

Iwan Kartiwan (Ute), salah satu anggota PTPS di TPS 61 RW 10 Kelurahan Cibeunying, saat mengadukan ke JayantaraNews.com, mengungkapkan. ” Sebelumnya, instruksi dari Panwas Cimenyan, bisa dengan rekening sendiri, terlepas dari rekening bank mana-mana-nya, asalkan masih aktif. Namun ada susulan dari PKD Kelurahan Cibeunying Kandi Lesmana, ternyata harus buka rekening Bank Mandiri.”

” Saya sudah sesuai prosedur yang katanya mau dikolektifkan sama Pak Kandi. Namun pas pembagian rekening, nyatanya punya saya ngga muncul, dan katanya mungkin masuk ke rekening pribadi punya saya, tapi setelah saya check ke rekening BRI saya, nyatanya ngga ada,” urai Ute, panggilan akrab Iwan Kartiwan.

” Saya sudah konfirmasi ke Pak Kandi, namun seakan melimpahkan ke Pak Encu (Panwas) Cimenyan. Saya jadi bingung Pak, karena sampai hari ini, saya bersama rekan-rekan anggota PTPS yang lain, belum menerima honorer tersebut,” keluhnya.

Dihubungi JayantaraNews.com, Kamis (2/5/19), terkait honorer anggota PTPS yang belum terbayar, melalui pesan WhatsApp-nya, Kandi mengungkapkan. ” Iya..sudah diupayakan, namun terkendala 1 nomor, sehingga terpending transfernya. Sudah ada yang menerima,” ujarnya.

Sementara itu, Encu, pihak Panwas Cimenyan, saat dikonfirmasi JayantaraNews.com, melalui pesan WhatsApp-nya, menuturkan. ” Iya Pak, sama saya mau diperjuangkan! Sebagian data yang tadi sudah menerima honornya. Mudah-mudahan hari besok sudah menerima semua.”

Terpisah, Herdi, selaku staf Banwaslu Kabupaten Bandung, dihubungi JayantaraNews.com, mengatakan,” Ya institusi bertanggungjawab. Ini belum dibayar, karena mereka mengirimkan rekening yang salah,” ujar Herdi, melalui pesan WhatsApp-nya. (Tim JN)