Gelar Rapat Susunan BPH, Ketua DPC PWOIN Depok: Anggota PWOIN Harus Jaga KEJ

IMG_20190502_124902

JayantaraNews.com, Depok

Dewan Pimpinan Cabang
Perkumpulan Wartawan Online Independen Nusantara atau disingkat PWOIN Kota Depok, menggelar rapat susunan kepengurusan Badan Pengurus Harian (BPH) di Rumah Makan Situ Jatijajar, Rabu (1/5/2019).

Pertemuan rapat susunan pengurus BPH tersebut, dihadiri oleh wartawan dari berbagai media online, sebanyak 15 wartawan yang berhalangan hadir sekitar 10 wartawan.

Rapat yang dipimpin Benny Gerungan selaku Ketua DPC PWOI Kota Depok, menyampaikan, bahwa organisasi yang dinakhodainya sudah lama akan disusun kepengurusan BPH nya.

Sehubungan dengan adanya hajat Pemilu Pilpres, Pileg 2019, maka pembentukan sedikit terlambat, Benny menyampaikan.

PWOIN adalah organisasi media online yang baru berkiprah, sehingga harus menjaga marwah jati diri organisasi profesi yang independen, dan tidak boleh dijadikan kendaraan politik praktis, imbuh aktivis wartawan yang satu ini.

Visi dan Misi PWOI adalah menciptakan suasana yang harmonis, edukasi tentang kesadaran bagaimana tata cara menjadikan profesi wartawan yang bermartabat, memiliki wawasan kebangsaan, tanpa menyebarkan fitnah, ujaran kebencian.

Sesuai fungsi Pers, yakni pengawasan, edukasi dan hiburan dalam menjalankan tugas kejurnastikannya, mendengar, mencari, merangkum, menulis serta mempublikasikannya ke publik tentang kabar yang disampaikan awak media.

Selain itu, anggota PWOIN juga diharapkan harus menjaga Kode Etik Jurnalistik (KEJ), pemberitaan harus obyektif, berimbang (cover both side), tulisan wartawan tidak boleh menghakimi, terang Benny.

Soal maraknya HOAKS, itu adalah sebuah permainan yang terkesan tulisannya produk wartawan, “Wartawan yah wartawan”, dia telah di atur oleh kode etik wartawan.

Dan wartawan yang sejatinya, adalah wartawan yang menghargai tulisan yang bernuansa kebangsaan, menjaga persatuan dan kesatuan negara, dimana si wartawan berlindung, kata Benny dalam sekilas pandangnya.

Dengan berkumpulnya rapat menyusun badan pengurus harian DPC PWOIN Kota Depok, justru mewarnai komunitas organisasi wartawan, karena akan tampil beda dan konsep serta program organisasi yang lebih ke substantif, tegas Benny.

Acara rapat BPH PWOIN Kota Depok di akhiri dengan terbentuknya susunan kepanitiaan pengukuhan, terpilih Ketua Panpel Wesly Hutapea bersama rekan wartawan lainnya.

Rapat akan diadakan selanjutnya, dengan agenda buka puasa bersama, pengisian formulir biodata calon pengurus, dan anggota serta pemantapan kepanitiaan. (Red)