Jelang Pilkada Sumbawa 2020,  Nasdem Usung Kader & Siap Bertarung

IMG-20190527-WA0001

JayantaraNews.com, Sumbawa

Meski Pemilihan Bupati/Wakil Bupati Sumbawa setahun lagi, namun pimpinan partai politik (parpol) di NTB maupun Kabupaten Sumbawa sudah siap untuk mencalonkan kader terbaiknya di Pemilukada Sumbawa.

IMG-20190527-WA0000

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasional Demokrat (Nasdem), NTB Muhammad Amin, diwawancara media ini di Raberas Resto and Lounge mengemukakan, jika partai yang ia pimpin siap ikut kontestasi di Pemilukada Sumbawa tahun 2020.

” Partai Nasdem siap ikut kontestasi Pemilukada Sumbawa tahun depan. Apalagi Partai Nasdem sekarang mengalami kenaikan di Pemilu 2019 ini,” ujarnya, Minggu malam, (26/5).

Menurut Amin, sapaan akrab mantan Wakil Gubernur NTB ini, saat ini memang Partai Nasdem belum membahas siapa yang akan diusung di Pilkada Sumbawa.

” Nasdem belum membahas. Dan Nasdem biasanya selalu berdasarkan survey. Karena hasil Pileg maupun Pilkada tidak jauh dari hasil survey,” terang Amin.

Lanjutnya, dan jika kita melihat hasil Pilgub dan Pilbub maupun tahun 2013 lalu, banyak kader Nasdem yang unggul.

” Kalau tidak salah, Nasdem partai paling banyak memenangi Pilgub dan Pilbub pada tahun 2013 lalu. Artinya, bahwa partai ini tidak main-main mengusung kadernya untuk maju dalam kontestasi baik Pilgub, Pilbub maupun pemilihan wali kota,” paparnya.

” Nasdem tentu tidak asal mendorong kadernya. Tapi yang akan dilihat nanti adalah ketokohan figur tersebut di dalam masyarakat. Karena, itu bisa jadi untuk mendompleng popularitas calon yang akan diusung,” tambahnya.

Dijelaskan Amin, meski usianya baru 7 tahun, Nasdem merupakan partai yang paling banyak mencetak orang untuk menjadi pemimpin baik itu gubernur/wakil gubernur, bupati maupun wali kota.

” Memang partai ini usianya 7 tahun dan baru dua kali ikut Pemilu. Tapi jika dilihat data di DPP, bahwa partai yang paling banyak menjadikan seseorang pemimpin di daerahnya adalah Partai Nasdem,” sebut Amin.

Ditegaskan Amin, bahwa untuk Sumbawa 2020, nantinya tetap mendengarkan apa aspirasi rakyat dan juga usulan dari para kader dan fungsionaris.

” Nasdem itu adalah partai yang buka. Dan untuk Pilkada Sumbawa nanti, selalu mendengarkan usulan masyarakat dan partai. Dan juga akan memberikan peluang  kepada seluruh kader dan fungsionaris. Karena apa, sangat terbuka memberi peluang kepada figur, baik dari dalam maupun dari luar partai,” tandasnya.

Masih menurut Amin, kaitan dengan ini, Nasdem tetap akan memprioritaskan kader. Dan kader tersebut harus berpeluang untuk memenangkan kontestasi tersebut.

” Nasdem memiliki 4 kursi di DPRD Sumbawa. Dan ini sangat signifikan. Di NTB ini juga jumlah kursi Nasdem sangat signifikan. Jadi kalau ditanya Nasdem ikut kontestasi ya kami sangat siap,” tegas Amin. (Dhy JN)