Pemerintah Tutup Mata! Warga Simpang 4 Asahan Minta Tiang Listrik Yang Layak

IMG-20190625-WA0164

JayantaraNews.com, Asahan

IMG-20190625-WA0163

Kondisi kabel di Dusun VII B Desa Simpang 4 Asahan, Kabupaten Asahan, semrawut!

Parahnya, kondisi ini dibiarkan selama dua tahun terakhir ini.

Pantauan JayantaraNews.com, pada Selasa (25/6/2019), kondisi kabel terlihat berantakan, tepatnya di sepanjang jalan, maupun di atas atap rumah penduduk Dusun VII B.

Terlihat lilitan kabel tidak teratur, hanya menempel diikat ke batang pohon dan melintang di jalan sangat rendah dari jalan. Pada kabel-kabel penghubung ke rumah warga juga terlihat disanggah pakai bambu, tanpa adanya tiang-tiang listrik yang seharusnya sebagai penopangnya.

IMG-20190625-WA0162

” Kabel-kabel yang di pinggir jalan itu, hanya ditopang beberapa bilah bambu. Warga sengaja menopangnya dengan bambu, karena kabel-kabel tersebut terlalu rendah ke jalan dan bisa membahayakan keselamatan warga.”

” Itu, bambu penyangga di situ buat nahan kabel. Kalau ngga ditahan, kabelnya ke bawah kena mobil lewat. Kita takut, kabel-kabel itu putus dan membahayakan warga di sini,” ujar Boru Sitanggang, salah seorang warga, kepada JayantaraNews.com di lokasi, Selasa (25/6/2019).

Kami berharap, agar Pemerintah Kabupaten Asahan juga pihak PLN, bisa memperhatikan desa kami, dan memberikan tiang-tiang listrik yang layak dan perbaikan jalan. Apalagi desa kami bisa dikatakan desa yang sudah maju, karena Kantor Camat, PDAM, dan Kantor Dinas Kehutanan berada di sini, masa tiang listrik pun tidak dibuatkan, jelas Boru.

Sementara itu, Yomi, Kepala Dusun VII B Desa Simpang 4, Kabupaten Asahan, saat dijumpai di rumahnya membenarkan soal kabel-kabel semrawut itu. Ia berharap, agar instansi terkait membuat tiang-tiang listrik yang layak dan menata kabel-kabel yang tidak teratur itu.

” Saya selaku Kepala Dusun VII B Desa Simpang 4, Kabupaten Asahan, mewakili masyarakat di sini, sudah pernah meminta kepada instansi terkait agar membuat tiang-tiang listrik yang layak, namun sampai saat ini belum juga dibuat,” ungkap Yomi, dengan nada dongkol.

” Kami berharap kepada Pemerintah Kabupaten Asahan dan pihak PLN, segera membuat tiang-tiang listrik yang layak agar kabel-kabel yang semrawut itu tertata rapi dan tidak membahayakan masyarakat Dusun VII B,” ujar kadus.

Sementara, di tempat terpisah, terlihat satu batang tiang listrik yang tergeletak di tanah. (Eko Setiawan)