Sinergitas Dengan Polri, Kec Cangkuang Juarai Lomba Siskamling Se-Kab Bandung

IMG_20190611_152554

JayantaraNews.com, Cangkuang

IMG_20190611_151936

Belum lama ini, Polres Kabupaten Bandung mengadakan perlombaan siskamling yang dilaksanakan peilaiannya pada bulan Maret sampai bulan April 2019.

Program perlombaan ini sebagai salah satu edukasi bagi masyarakat luas di tingkat desa, RW (Rukun Warga), dan RT (Rukun Tetangga) agar senantiasa turut berperan aktif bekerjasama dan menunjang kinerja Bhabinkamtibmas dalam tugas pengayoman dan pengamanan masyarakat secara profesional, sesuai dengan prosedur penyelenggaraan keamanan pada lingkungan terkecil.

Untuk wilayah Kabupaten Bandung, Polres dengan kepanitiaan lomba menetapkan juara sesuai dengan kriteria pemenangan ditinjau dari banyak item dan aspek penunjangnya, diantaranya, yakni :
1. Keberadaan pos keamanan terpisah dengan tempat kegiatan lain secara struktural baik pada tingkat RW ataupun tingkat RT,
2. Program ronda dan siskamling sudah berjalan sebelumnya selama 3 tahun dengan kelengkapan bukti-bukti, bahwa benar siskamling telah berjalan di lingkungan tersebut,
3. Kesiapan sarana dan prasarana atau peralatan kegiatan ronda dan siskamling sudah tersedia sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan panitia, seperti :
– APAR (Alat Pemadam Api Ringan)
– Perangkat komunikasi lokal 2 arah
– Daftar ronda
– Buku mutasi ronda dan laporan berkala kegiatan setiap malam
– Lampu senter
– Dan perangkat lainnya sebagai penunjang kegiatan ronda atau siskamling

Perlombaan siskamling ini mudah-mudahan bisa terus berlanjut agar kepedulian masyarakat di tingkat RW dan RT semakin bersinergis dengan aparat Kepolisian khususnya dengan Bhabinkamtibmas di desa-desa terkait.

Bhabinkamtibmas Aiptu Nandang Juwarsah dengan Binmas Polsek Banjaran Polwan Aiptu Dinny Agusyanti mengapresiasi kegiatan siskamling yang sudah lama berjalan di lingkungan RT 09/RW 06 Desa Nagrak, Kecamatan Cangkuang, sehingga bisa menjadi Juara pada perlombaan siskamling tahun 2019 ini.

Support dan dukungan Aiptu Nandang Juwarsah dan Aiptu Polwan Dinny Agusyanti kepada masyarakat menjadikan motivasi besar bagi Ketua Keamanan Pos RT 09/RW 06 Desa Nagrak Cangkuang untuk melanjutkan proses penilaian lomba ke tingkat selanjutnya, yakni tingkat provinsi.

Penulis sekaligus sebagai Ketua RT yang menjadi pemenang lomba ini memaparkan juga, bagaimana pentingnya keberadaan anggota Polisi dalam lingkungan masyarakat tingkat bawah. Ketua RT Yana Sanggar menyebutkan, bahwa hubungan antara Polisi dan masyarakat diibaratkan seperti tanaman dan air. Tanaman jelas tidak bisa hidup tanpa air, demikian pula Polisi tidak akan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik tanpa dukungan masyarakat di tingkat terbawah.

Dengan dukungan dari seluruh elemen lapisan masyarakat, maka akan tercipta kelancaran tugas para Bhabinkamtibmas dan aparat Kepolisian lainnya.

Petugas negara, kapanpun dan dimanapun berada dengan pangkat setinggi apapun, sebaiknya selalu menempatkan dirinya, baik secara personal maupun korps sebagai pengayom dan pelayan masyarakat, sehingga akan terbangun kesepahaman, bahwa Polisi selalu ada untuk menjaga keamanan masyarakat, serta  keberadaan Polisi dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya akan semakin mudah dan lancar.

” Menurut saya, Kepolisian harus sebisa mungkin dan mampu menjadikan masyarakat sebagai mitra kerja. Mensosialisasikan hukum, agar masyarakat mengenal hukum dan segala akibatnya sebagai solusi penyelesaian masalah, bukan sekedar instrumen yang harus dipatuhi dalam bertindak.
Sifat realistis dan kritis Polisi harus mampu menjalin kerjasama dengan masyarakat agar mengetahui kebenaran yang akurat tentang situasi dan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat di lingkungan tersebut.

(Yana Sanggar)