Solusi Antisipasi Banjir, Camat Rancaekek: Bangun Drainase & Irigasi

IMG_20190626_122428

JayantaraNews.com, Kab Bandung

IMG-20190626-WA0005

Banjir adalah salah satu permasalahan rutin di setiap tahunnya, apalagi ketika musim hujan datang. Sehingga sudah tidak aneh lagi, jika di beberapa wialayah Kabupaten Bandung dan sekitarnya, banjir menjadi polemik bagi warga masyarakat sekitar.

Melalui JayantaraNews.com, Camat Rancaekek Drs Baban Banjar FS, M.Si mengatakan,” Dengan seringnya terjadi banjir di wilayah Rancaekek hingga di beberapa desa, saya selalu mengamati dan berpikir untuk mecari solusi dalam mengantisipasi permasalahan tersebut,” katanya, Selasa (25/6/2019).

Ternyata, kata Baban Banjar, banyak sekali permasalahan yang menjadi dampak banjir. Seperti halnya, dampak dari sampah warga yang dibuang sembarangan, saluran drainase yang sempit, dan saluran irigasi yang kurang maksimal untuk penampungan debit air ketika hujan turun, ungkapnya.

” Oleh karena itu, saya sudah merencanakan untuk mengantisipasi menghadapi musim hujan yang akan datang dengan memperbaiki dan membangun saluran-saluran drainase dan irigasi, dan program pembangunan atau perbaikan saluran drainase dan irigasi. Itu sudah saya sosialisakan atau diajukan melalui Musrenbang di Tahun Anggaran 2018-2019.”

IMG-20190626-WA0008

” Alhamdulillah, berkat kerjasama yang baik dengan pihak terkait, yakni Bapeda, PUPR, BBWS, di tahun ini, program saya direalisasi untuk pembangunan drainase dan irigasi, dimulai dari pintu rel melintasi wilayah perumahan, dan terus airnya disalurkan ke drainase induk sampe perbatasan Desa Rancaekek Wetan, Sukamanah hingga disalurkan ke irigasi Depok Sukamanah,” jelasnya.

” Saya mengucapkan terimakasih banyak kepada Pemkab Bandung yang telah merealisasikan progam yang saya ajukan. Semoga ini menjadi solusi dalam mengantisipasi penampungan debit air, sehingga solusi menghindarkan dari musibah banjir bisa terwujud,” ulasnya.

” Semoga terjalin kerjasama yang baik antara pihak PUPR, BBWS Pemkab Bandung dengan pemerintah kecamatan dan sebagian penerima manfaat,” harap Camat Rancaekek Baban Banjar. (Jafar)