Kapolda KalBar Gelar Apel Operasi Bina Karuna Kapuas

JayantaraNews.com, KalBar

Gelar apel Bina Karuna Kapuas langsung dipimpin oleh Irjend Pol Drs Didi Haryono, SH, MH sebagai inspektur upacara, di Jalan Angkasa II Kabupaten Kubu Raya Depan Kantor Bupati.

Hadir dalam acara tersebut; Gubernur Kalimantan Barat
H Sutarmidji, SH, M.Hum, Danlantamal XII Pontianak/Laksamana Pertama TNI Gregorius Agung WD diwakili,
Ketua Pemuda Pancasila Provinsi Kalbar, Ketua Damkar Provinsi Kalbar, Ka Satpol PP, Danramil se – Pontianak, Kapolsek se – Pontianak, jajaran BPBN, jajaran BPBD, serta masyarakat Kalimantan Barat, Rabu, 24/7/2019.

Kapolda, Irjend Drs Didi Haryono, SH, MH dalam sambutanya menyampaikan,” Dalam rangka apel Bina Karuna Kapuas, kita harus saling membatu untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan di Kalimantan Barat, karena semua menjadi tanggung jawab kita sebagai warga Kalimantan Barat yang kita cintai. Oleh karena itu, mari bapak-bapak dan ibu-ibu, kita harus serius dalam menangani Karhutla, karena ini adalah ancaman buat kita semua.”

Dengan adanya apel Bina Karuna Kapuas, mari bapak dan ibu kita harus saling menjaga keamanan kebakaran hutan di Kalimantan Barat, karena ini akan mengakibatkan sangat fatal sekali untuk kesehatan, baik bagi orang dewasa, anak-anak, cucu, lansia, dan mahkluk hidup lainnya.

Karena ada beberapa faktor akibat dari kebakaran hutan ini, mengakibatkan sakit asma,
mengganggu pernapasan bagi anak-anak kecil, membatalkan penerbangan, mengganggu anak sekolah, akibatnya sekolah diliburkan, mengakibatkan para lansia harus banyak masuk rumah sakit, dan masih banyak lagi kerugian yang lainnya.

Adanya apel ini, agar bisa mencegah Karhutla, yaitu dengan cara selalu melihat hotspot, memberikan informasi kepada masyarakat bahayanya Karhutla, dan cara lain kerjasama dengan pabrik-pabrik yang ada di sekitar. Oleh karena itu, harus selalu mengadakan patroli rutin dengan aparat yang ada, karena ini sangat baik untuk pencegahan dini, dan para anggota yang ada selalu siap untuk melakukan patroli dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab, jelasnya.

Maka dari itu, jalan terakhir yaitu dengan cara hukuman yang berlaku yang ada di Indonesia.

” Saya mengimbau kepada seluruh anggota operasi Bina Karuna, harus penuh rasa tanggung jawab, karena kalianlah yang harus bekerja keras untuk menjaga di sekitar kita, karena kalau kita bisa menjaga alam ini, alam ini pun bisa menjaga kita. Semoga Allah SWT selalu memberikan petunjuknya demi kita yang menjalankan tugas, serta menjaga alam, khususnya di Kalimantan Barat,” tutupnya.
(Rellawati)