Lagi! Satpol Air Polres Tanjungbalai Gagalkan Penyelundupan 9,6 Kg Sabu & 9820 Pil Ekstasi

IMG-20190715-WA0040

JatantaraNews.com, Tanjungbalai

IMG-20190715-WA0038

Tak menjadikan efek jera bagi jaringan ‘Narkoba Internasional’ untuk menyelundupkan barang haram narkoba setelah beberapa kali digagalkan petugas.

Kini Satpol Air Polres Tanjungbalai kembali dan berhasil gagalkan penyelundupan 9,6 Kg Sabu dan 9820 Pil Ekstasi di perairan Tanjungbalai Asahan di dalam kapal nelayan pada hari Minggu (14/7/2019).

Kapolres Tanjungbalai AKBP Irfan Rifai, SH, SIK yang didampingi Waka Polres Kompol Edi Bona Sinaga, beserta Kasat Polair, AKP Agung Basuni, Kasat Narkoba Polres Tanjungbalai, AKP Adi Hartono dan Kasubag Humas Iptu Ahmad Dahlan, menjelaskan kronologi penangkapan dalam Konferensi Pers nya, pada Senin (15/7/2019).

Bermula dari kegiatan patroli rutin yang diadakan oleh Petugas Satpol Air, yang mencurigai salah satu jenis ‘boat nelayan’ untuk menangkap cumi-cumi, dimana naluri kecurigaan petugas akan kapal nelayan cumi tersebut seharusnya memiliki banyak lampu penerangan. Namun petugas melihat di kapal itu tidak memiliki lampu penerangan sama sekali, lalu petugas pun mendekati kapal nelayan tersebut, kata Kapolres.

IMG-20190715-WA0039

” Saat petugas Satpol Air mau mendekati kapal, 3 (tiga) dari 4 (empat) orang tiba-tiba langsung melompat ke sungai dan lari ke hutan. Saat petugas melakukan pengecekan dari dalam kapal, petugas Satpol Air berhasil menangkap Sofiandi (45), salah Satu ABK kapal, dan menemukan Sabu-Sabu dan Pil Ekstasi di dalam karung yang juga disembunyikan di dalam fiber ikan,” jelas Kapolres.

Sementara itu, dari pengakuan Sofiandi (45) warga Jalan Jenaha Kelurahan Pematang Pasir, Kecamatan Teluk Nibung, yang berhasil diamankan Petugas Satpol Air mengatakan, bahwa barang haram tersebut mereka jemput dari pebatasan Malaysia bersama rekannya, inisial D, F dan U, yang berhasil melarikan diri dengan menggunakan kapal tersebut.

Dia juga menjelaskan, akan dijanjikan upah sebesar Rp 10 juta, jika berhasil menyelundupkan barang haram tersebut ke Tanjungbalai dari Tersangka ‘D’, yang juga berperan sebagai nakhoda kapal, yang kini buron.

Petugas berhasil mengamankan 9 (sembilan) bungkus Sabu-Sabu beserta Pil Ekstasi, dan fiber ikan dari tangan tersangka sebagai barang bukti, dan melakukan pengembangan terhadap 3 (tiga) tersangka lain yang berhasil melarikan diri.

Atas kasus tersebut, Tersangka diancam dengan ancaman pidana hukuman mati. (Eko Setiawan)