Prihatin! Cerita Pantai Labuhan Haji Lotim Yang Penuh Sampah

IMG_20190710_001143

JayantaraNews.com, Labuhan Haji

IMG_20190710_001131

Kawasan pantai Labuhan Haji, Desa Labuhan Haji, Kecamatan Labuhan Haji, dipenuhi banyak tumpukan sampah berbagai jenis. Hal ini tentu saja membuat pantai Labuhan Haji terlihat kumuh dan kotor.

Padahal, pantai Labuhan Haji adalah merupakan salah satu kawasan wisata yang paling banyak dikunjungi masyarakat, yang tidak saja dari Kabupaten Lotim, akan tetapi juga dari kabupaten lainnya, seperti dari Kabupaten Loteng, Lobar maupun Kota Mataram.

Maisaroh, salah seorang pengunjung pantai Labuan Haji asal Rumbuk, menyayangkan dengan banyaknya tumpukan sampah di sekitar kawasan Pantai Labuhan Haji ini. ” Pantai Labuhan Haji kelihatan kurang tertata dan terpelihara dengan baik, apalagi terkait kebersihannya.”

IMG_20190710_001121

” Sangat disesalkan, masih banyaknya tumpukan sampah di kawasan Pantai Labuhan Haji tersebut,” kata Maisaroh, yang menyayangkan banyaknya pengunjung, namun banyaknya tumpukan sampai di sekitaran pantai.

Senada disampaikan Hamid, pedagang di sekitar pantai Labuan Haji. Ia mengeluhkan,” Bagaimana pariwisata di Lotim akan bisa maju, kalau kondisi pantainya banyak tumpukan sampah, seperti halnya pantai Labuhan Haji ini.”

Sementara, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Lotim justru malah seakan diam tidak bergerak untuk melakukan pembersihan kawasan pantai Labuhan Haji yang penuh dengan tumpukan sampah.

” Seharusnya Disbudpar Lotim segera mengambil tindakan melihat kondisi pantai Labuhan Haji ini, yaitu dengan melakukan pembersihan di sekitar kawasan pantai agar menjadi bersih dan tidak ada lagi ditemukan tumpukan sampah,” ujar Hamid. (Ibrahim)