Tingkatkan Peran Ormas/LSM Jelang Pilkades Serentak, Kesbangpol Kab Bandung Gelar Pendidikan Politik

JayantaraNews.com, Kab Bandung

Kegiatan Pendidikan Politik yang diselenggarakan oleh Kesbangpol Kabupaten Bandung, di area wisata Hotel & Restaurant Saung Bilik Ciwidey, Kamis (25 Juli 2019), guna meningkatkan peran dan fungsi Ormas/LSM dalam mensukseskan Pilkades serentak di Kabupaten Bandung khususnya.

Kepala Bidang Pendidikan Politik dan Pembangunan Kemasyarakatan Kabupaten Bandung (Dadang Hermawan S) memaparkan, bahwa pendidikan politik Ormas dan LSM harus andil dalam menghadapi Pilkades serentak pada 199 desa se-Kabupaten Bandung yang akan diselenggarakan pada tanggal 26 Oktober 2019 mendatang.

Penyelenggaraan kegiatan pendidikan politik ini dilaksanakan selama 2 hari, dimulai pada Rabu (24/7/19), sampai hari ini, Kamis (25/7/19), dan dibuka langsung oleh Bupati Bandung H Dadang Naser dan Kapolres AKBP Indra Hermawan.

Dalam acara tersebut, Bupati dan Kapolres serta Kabid Kesbangpol memberikan pembekalan pendidikan politik supaya Ormas/LSM semakin peduli terhadap lingkungan sekitarnya dan bermitra dengan pemerintahan daerah guna menciptakan masyarakat yang madani menghadapi pelaksanaan Pilkades serentak yang akan datang.

Pelatihan pendidikan diikuti oleh sekurangnya 30 Ormas/LSM yang diwakili oleh anggota perwakilan pengurus Ormas/LSM masing-masing se DPD Kabupaten Bandung.

Hadir pula pada kesempatan tersebut, nara sumber dari ICMI sekaligus sebagai dosen STA LAN Bandung Mohammad Nur Afandi, S.Pd, MT.

Muhammad Nur mengulas perihal urgensinya keberadaan Ormas/LSM dalam menyokong partisipasi dan pemberdayaan masyarakat dalam hubungan sosial masyarakat secara fungsional.

Sejarah keberadaan Ormas/LSM harus sangat dipahami oleh seluruh anggota lapisan masyarakat yang tergabung dalam sebuah wadah kemasyarakatan, sesuai konsepsinya menurut yang diatur oleh UU No 16 Tahun 2017 dan Peraturan Menteri Nomor 58 Tahun 2017.

Dalam penutupan pelaksanaan kegiatan tersebut, Bupati dan Kapolres mengajak dan mengimbau kepada seluruh Ormas/LSM untuk berpartisipasi dalam seluruh aspek pembangunan Kabupaten Bandung, khususnya terkait sosialisasi dan partisipasi pada Pilkades serentak di Kabupaten Bandung.

” Penulis selaku peserta kegiatan sekaligus mewakili Ormas BBC (Buah Batu Corps) dan mewakili LSM BPI KPNPA RI JABAR, mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemerintahan Kabupaten Bandung melalui Kesbangpol. Dimana, atas kegiatan ini, pemerintah berusaha menguraikan tentang sangat pentingnya peran Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dalam menyokong terlaksananya pembangunan bermasyarakat di Kabupaten Bandung. Keberadaan Ormas dan LSM merupakan perwujudan masyarakat sipil yang berfungsi menjembatani, memperjuangkan, dan membela kepentingan rakyat dari dominasi kepentingan politik.

” Dengan pelatihan pendidikan ini, semoga akan meningkatkan kemampuan dan wawasan berorganisasian massa, bagi anggota Ormas dan LSM secara fungsi dan tujuannya.  Keterlibatan Ormas/LSM dalam program-program pembangunan pemerintahan daerah ini sangat penting, disamping untuk memberdayakan kemitraan antara pemerintah daerah dengan Ormas dan LSM.”

Kegiatan ini juga memiliki fungsi menjaga stabilitas politik dan sosial masyarakat serta memperbaiki dan meluruskan kembali peran Ormas dan LSM untuk memperkuat peran serta mereka dalam rangka turut menciptakan pembangunan dan demokrasi yang lebih baik. (Yana Sanggar)