Kapolres Tanjungbalai Pimpin Sertijab Sejumlah Perwira

JayantaraNews.com, Tanjungbalai

Kapolres Tanjungbalai AKBP Irfan Rifai, memimpin langsung upacara serah terima jabatan (Sertijab) sejumlah Kapolsek dan Kasat.

Kegiatan ini diadakan di Lapangan Apel Kapolres Setempat, Senin (12/8/2019).

Adapun, pejabat yang diserahterimakan, antara lain Kapolsek Tanjungbalai Selatan Kompol Rudi Chandra kepada Kompol Sendiman Purba yang seblumnya menjabat sebagai Kabagren Polres Siantar, Kompol Rudi Chandra menduduki jabatan baru sebagai Kabag Ops Polres Batubara.

Jabatan Kapolsek Teluk Nibung dari AKP M Iskad kepada AKP R GM Hutagalung, yang sebelumya Kapolsek Simpang Empat Polres   Asahan AKP M Iskad akan menduduki jabatan baru sebagai Kapolsek Bandar Pulau, Polres Asahan.

Kasat Intelkam Polres Tanjungbalai, dari AKP Usrat Aminullah kepada AKP Jupiter Frans Simanjuntak yang sebelumya Panit 5 Subdit 3 Ditintelkam Polda Sumut, AKP Usrat Aminullah kini menduduki jabatan sebagai Kasat Intelkam Polres Pakpak Barat.

Selanjutnya, Kasat Narkoba dari AKP Adi Haryono kepada AKP Ras Maju Tarigan, sebelumya Kasat Reskrim Polres Tanah Karo AKP Adi Haryono akan menduduki jabatan baru sebagai Kasat Narkoba Polres Langkat.

Kemudian, jabatan Kasat Binmas
dari AKP Ridwan kepada AKP Sahnur Siregar yang sebelumnya  Kasat Sabhara Polres Tapanuli Tengah, AKP Ridwan menduduki jabatan baru sebagai Kapolsek Firdaus Polres Serdang Bedagai.

Terakhir, Jabatan Kasat Sabhara dari AKP M Siregar kepada AKP Selamat Riady, yang sebelumnya Kapolsek Airjoman, Polres Asahan. AKP M Siregar akan menduduki jabatan baru sebagai Kasubag Sarplas Bagsumda Polres Tanjungbalai.

Dalam sambutannya, Kapolres Tanjungbalai AKBP Irfan Rifai memberi pesan dan arahan kepada Perwira yang baru, di antaranya kepada Kasat Narkoba AKP Ras Maju Tarigan. ” Saya percaya kepada beliau, karena sebelumya pernah menjabat sebagai Kasat Reskrim juga pernah menjabat sebagai Kasat Narkoba,” ucap Kapolres.

Jadi, silahkan diselesaikan berkas-berkas yang kemarin masih diproses sampai tuntas terkait sekitar 19,61 Kg sabu dan 9820 butir ekstasi itu nanti kedepannya, karena sebelumya ada perintah dari Dir Narkoba, yakni kita juga harus berupaya menekan serta menerapkan TPPU (Tindak Pidana Pencucian Uang) nya, nanti kita bisa saling share dan permintaan untuk menelusuri transaksi keuangan kepada PPATK (Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan) melalui Kapolda Sumut, sebutnya.

Hal ini, kata Kapolres, sudah kita buat nanti dicek ke Polda, bagaimana tindak lanjut dari Polda ke PPATK sudah dikirim apa belum kalau sudah hasilnya apa.

Sementara, Kepada Kasat Intel yang baru AKP Juniper Frans Simanjuntak, yang pernah menjabat sebagai Kasat Intel di Polres Labuhan Batu yang secara Karakteristik wilayah maupun masyarakat juga tidak jauh beda sehingga apa yang kemarin juga sudah diterapkan oleh Kasat yang lama silahkan diterapkan di Tanjungbalai ini.

Penggalangan kepada aktivis dan Ormas yang ada silakan dilanjutkan kalau memang ada yang kurang silakan diperbaiki. Yang masih menjadi pekerjaan rumah kita, yakni masih adanya sisa ajaran Teroris seperti yang terjadi di Teluk Nibung.

” Ada satu ancaman terorisme, tentu berharap ini juga merupakan tanggung jawab kita bersama kepada seluruh pejabat yang baru Kasat Bimas juga ini penggalangan yang dilaksanakan oleh Bapak Kasat Bimas yang lama AKP Ridwan sangat luar biasa dalam melaksanakan tugasnya kepada masyakarat. Hari Jumat ada acara minta izin pulang satu malam, besok lagi nunggu saya sudah balik kanan kemudian melaksanakan salat subuh berjamaah dan ini sangat saya apresiasi,” puji Kapolres.

” Artinya, seluruh pejabat yang lama sekali lagi saya mengucapkan terimakasih dan selamat bertugas di tempat yang baru kepada pejabat yang baru. Selamat datang dan selamat bertugas apa-apa yang segera menyesuaikan diri dengan Karakteristik wilayah maupun karakteristik tupoksinya masing-masing.”

Kepada ibu-ibu Bhayangkari pada pejabat yang lama, Kapolres mengucapkan atas nama pribadi dan pimpinan mengucapkan banyak terimakasih. Menurut Kapolres, tugas dan kegiatan ibu Bhayangkari di Sumut tergolong banyak dibandingkan dengan di luar Sumut, ucapnya. (Eko Setiawan)