Pelaku Jambret Wisata Lemor Pringgabaya Berhasil Diciduk Polisi



JayantaraNews.com, Lombok Timur

Patut diapresiasi kiprah Timsus 3C Polres Lombok Timur yang berhasil melumpuhkan AH pelaku pencurian dengan tindakan kekerasan (jambret-red) yang hendak melawan, lalu melarikan diri pada saat penangkapan di rumahnya, di Desa Bagek Papan, Kecamatan Pringabaya, Selasa (26/8) sekitar pukul 23.30 Wita.

Kapolres Lombok Timur melalui Kasat Reskrim AKP I Made Yogi Parusa Utam, SE, SIK membenarkan melalui JayantaraNews.com saat ditemui di ruang kerjanya (27/8). Pihaknya telah menangkap pelaku tindakan kekerasan (jambret) yang terjadi di kawasan wisata Lemor Suela Lombok Timur. Beberapa hari lalu, kerap sekali aksinya yang selalu meresahkan masyarakat sekitar, dan anggota terpaksa melumpuhkannya karena melawan petugas pada saat penangkapan, ungkapnya.

Made Yogi menjelaskan, bahwa pada Minggu (24/8), pelaku AH dan rekannya AD dengan menggunakan sepeda motor Satria Fu berboncengan menuju lokasi kawasan wisata Lemor, dan di depan pintu masuk wisata tersebut, pelaku AH dan AD duduk di salah satu warung warga sekitar untuk melakukan aksi jambretnya, sembari menunggu calon korban yang akan melintas dari arah Sembalun menuju Suela, dimana sebelumnya diakui oleh para pelaku, kalau hal tersebut sudah direncanakan, paparnya.

Dan beberapa saat kemudian, melintaslah korban berboncengan dengan rekan ceweknya, yang diperkirakan adalah pacar korban. Secara sepontan, pelaku AD menghidupkan motornya, karena dia merupakan salah satu joki, sedangkan AH yang dibonceng bertugas sebagai eksekutornya. Pelaku membuntuti korban, hingga di tempat sepi, pelaku pepet korban dan menarik tas korban. Adanya ulah pelaku, korban berteriak meminta pertolongan warga, dan berusaha mengejar pelaku bersama warga, yang akhirnya pelaku masuk jalan buntu, bermaksud ingin menyelamatkan diri dari amukan massa, hingga akhirnya kedua pelaku meninggalkan sepeda motor serta berlari ke areal persawahan, sementara korban langsung melaporkan kejadian tersebut di Polsek Suela Kecamatan Suela, Kabupaten Lombok Timur, terangnya.

Selanjutnya, gerak cepat kordinasi anggota Polsek dengan Timsus 3C Polres Lombok Timur, berdasarkan petunjuk sepada motor pelaku, petugas langsung melakukan penyelidikan serta kerja keras tim. Akhirnya para pelaku dengan inisial AH berhasil diringkus di rumahnya di Bagek Papan pada (26/8) serta dihadiahi timah panas karena melawan petugas saat penangkapan.

Sementara, pelaku AD yang merupakan salah satu rekan pelaku AH masih dalam pegejaran Polisi, dan pelaku AH beserta barang buktinya digelandang ke Polres Lombok Timur guna mempertanggungjawabkan perbuatannya serta kepentingan penyidikan lebih lanjut guna mendalami kasus tersebut. (Nun JN)