Satpol PP Ibun Sikat Habis Iklan Ilegal, Camat: Dispenda Jangan Terpaku Di Balik Meja!

JayantaraNews.com, Kab Bandung

Banyaknya kebocoran pajak iklan di Kabupaten Bandung, membuat geram seorang Camat Ibun Adjat Sudrajat.

Camat yang peduli terhadap kemajuan Kabupaten Bandung ini, kini bergerak menurunkan iklan-iklan di pinggir jalan yang diduga tanpa izin dan tanpa membayar pajak.

Baca berita terkait:
Tersebar Iklan Rokok Ilegal Tanpa Bayar Pajak, Dispenda Kab Bandung Seakan Diam! – http://jayantaranews.com/2019/08/tersebar-iklan-rokok-ilegal-tanpa-bayar-pajak-dispenda-kab-bandung-seakan-diam/

Camat Ibun dan Satpol PP menurunkan iklan-iklan ilegal sepanjang Jalan Raya Tanggulun Kamojang untuk penertiban iklan-iklan tanpa izin, yang didominasi oleh iklan dan reklame rokok yang selalu menempel di depan warung-warung sepanjang jalan di wilayah Kecamatan Ibun.
   
Menurut Camat Ibun Adjat Sudrajat, bahwa dirinya prihatin dengan tersebarnya iklan dan papan reklame sepanjang Jalan Raya Ibun. ” Saya sangat prihatin dengan maraknya iklan dan papan reklame sepanjang Jalan Raya Ibun, dan saya beserta Satpol PP berinisiatif untuk menanyakan legalitas reklame dan iklan-iklan yang memuat gambar produk. Setelah dicek, ternyata semua papan reklame dan baliho iklan produk itu izinnya tidak ada, bisa dikategorikan ilegal,” jelas Camat Adjat Sudrajat.
    
” Untuk menertibkan iklan-iklan ilegal itu, saya berusaha membabat habis seluruh reklame dan iklan-iklan produk tanpa izin. Mungkin ini adalah salah satu upaya untuk menghindari kebocoran pajak reklame dan iklan produk.”

” Mudah-mudahan dengan adanya tindakan seperti ini, seluruh perusahaan jera dan bila memasang reklame juga iklan-iklan di baliho mereka akan membayar pajak, jadi lumayan bisa mendongkrak PAD untuk Kabupaten Bandung,” ungkap Adjat.
       
Dari beberapa iklan produk dan reklame yang diturun-turunkan oleh Satpol PP Ibun, didominasi oleh produk rokok. Sedangkan produk makanan hanya sedikit. ” Dengan demikian, diharapkan Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kabupaten Bandung, berusaha jeli dalam memantau pemasukan pajak iklan dan reklame produk, jangan terpaku di balik meja tanpa turun ke lapangan, yang ternyata banyak reklame dan iklan-iklan produk yang tanpa izin dari Dispenda.”

Sudah seharusnya Dispenda Kabupaten Bandung dalam mendongkrak pemasukan pajak, Dispenda harus bisa menertibkan reklame dan iklan-iklan produk tanpa izin.

Tindakan yang positif dari Camat dan Satpol PP Ibun ini patut menjadi evaluasi bagi Dispenda, supaya kebocoran izin dan pajak, bisa ditekan sedemikian rupa.
” Untuk itu, saya berharap kepada Dispenda, supaya cermat dalam mengawasi dan sering ke lapangan mengevaluasi reklame dan iklan-iklan produk tanpa izin ataupun yang izinnya telah habis tapi iklannya masih ada. Karena bila hal itu sering dilakukan oleh Dispenda Kabupaten Bandung, maka akan mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk Pemerintah Kabupaten Bandung,” ungkap Camat Ibun Adjat Sudrajat. (Asep Setiawan)