Loading...

Jelang Pilkades, Panwascam Majalaya Jaga Stabilitas Sengketa

JayantaraNews.com, Kab Bandung

Panitia Pengawas Kecamatan Majalaya, dalam upaya mengawal dan menjaga tertibnya tahapan-tahapan pemilihan kepala desa (Pilkades), akan berperan aktif dalam permasalahan sengketa, baik sebelum ataupun sesudah Pilkades.

Panwas yang bertugas sebagai pengawasan terus berupaya mengawal jalannya Pilkades hingga pada titik akhir. Adapun, dalam tahapan-tahapan Pilkades yang sudah diselenggarakan untuk wilayah Kecamatan Majalaya, masih tergolong aman dan terkendali. Artinya, semua panitia mampu mejalankan tugasnya sesuai amanat undang-undang.

Untuk wilayah Majalaya, dalam penyelenggaraan Pilkades hanya 8 desa, sementara yang melaksanakan tahapan tes akademik hanya 3 desa, salah satunya Desa Bojong, Majakerta dan Desa Sukamaju, sedangkan 5 desa yang lainnya langsung penetapan calon, karena masing-masing di bawah 5 bakal calon.

Menurut Ketua Panwas Kecamatan Majalaya Heri Mulyadi mengatakan,” Untuk penyelenggaraan Pilkades di Kecamatan Majalaya, Alhamdulillah berjalan dengan lancar dan tertib. Di sinilah kita harus cermat dalam menyikapi salah satu permasalahan sengketa Pilkades. Kita harus peka terhadap kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi. Dengan demikian, kita akan bisa mengantisipasi sedini mungkin, supaya tidak berkepanjangan, dan Alhamdulillah, untuk wilayah Kecamatan Majalaya masih aman, lancar dan damai,” jelasnya.

Mengacu pada Undang Undang No 6 Tahun 2016 tentang tahapan-tahapan Pilkades, maka pengelenggaraan tahapan Pilkades di Majalaya sampai saat ini tidak ada sengketa, walaupun ada, itu hanyalah sebuah gesekan demokrasi yang mempertanyakan hal-hal yang tidak dimengerti oleh para calon.
Hal ini seperti diungkapkan oleh salah satu calon Kades Majakerta nomor urut 2 (Asep Gunawan). ” Desa Majakerta sendiri, walaupun ada gesekan atau yang kurang dipahami, saya sebagai calon hanya sebatas mempertanyakan dan meminta klarifikasi. Karena wajar, pada waktu itu sebagai balon kades, ada yang tidak dimengerti, makanya saya konsultasi dengan panitia dan panwas. Kini Desa Majakerta telah menjaring 5 (lima) calon kepala desa termasuk saya. Sampai detik ini Alhamdulillah, Kecamatan Majalaya, khususnya Desa Majakerta, masih tetap aman, lancar, dan terkendali,” urai H Asep Gunawan, calon Kades Majakerta nomor urut 2. (Egi BP/Asep Setiawan)