Muspika & Panwas Gagas Deklarasi Damai Calkades Se Kecamatan Ibun

JayantaraNews.com, Kab Bandung

Kegiatan deklarasi damai para calon kepala desa se Kecamatan Ibun, yang digagas oleh Muspika dan Panwas Kecamatan Ibun, berlangsung damai dan penuh suka cita.

Dalam deklarasi damai itu, seluruh calon kepala desa se Kecamatan Ibun, turut menandatangani petisi deklarasi damai, demi terwujudnya Pilkades serentak 2019 yang aman, damai dan terkendali.

Dengan digelarnya kegiatan deklarasi damai itu, diharapkan Ibun menjadi satu contoh gelaran Pilkades yang aman tanpa ekses.

Deklarasi damai yang dhadiri oleh Muspika, calon kades, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda, diharapkan dapat berdampingan dalam mewujudkan Pilkades yang damai. Seperti diungkapkan oleh Kapolsek Ibun IPTU Carsono,” Dengan gelaran deklarasi damai ini, diharapkan, dalam tahapan Pilkades mulai dari kampanye sampai tahapan pencoblosan dan penghitungan surat suara tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” jelasnya.

” Saya pun untuk formasi pengamanan Pilkades serentak itu, belum ada instruksi dari Kapolres, saya pun masih menunggu formasi pengamanannya seperti apa dan bagaimana. Namun saya bersama jajaran Polsek Ibun selalu berkoordinasi dengan Koramil, dan Satpol PP. Bahkan dengan pak camat pun saya koordinasi untuk antisipasi sedini mungkin,” ucap Carsono.

Dalam deklarasi damai para calon kades, Kapolsek dan Pemerintah Kecamatan Ibun memutar film pendek, yang berjudul “Mimpi Jadi Kepala Desa”.

Film yang bertemakan seseorang yang menjadi kepala desa dan berakhir dijeruji besi itu, salah satu film pendek yang menghibur namun penuh makna.

Camat Ibun Adjat Sudrajat, saat dimintai keterangannya mengatakan,” Saya berharap, untuk wilayah Kecamatan Ibun dalam pelaksanaan Pilkades berjalan dengan lancar, aman dan terkendali. Selain itu juga, Kecamatan Ibun harus menjadi contoh Pilkades serentak yang baik. Untuk itu, dengan adanya deklarasi damai ini, semoga akan menjadikan satu titik damai dan tenteram antara para calon kades yang ada di Ibun. Karena di Ibun ini, dari 12 desa yang ada, hanya 8 desa yang menyelenggarakan Pilkades. Maka dari itu, Insya Allah untuk Kecamatan Ibun, aman dan terkendali,” ungkap Adjat Sudrajat. (Egi Bina P/Asep Setiawan)