Polres Sumbawa Barat Tangkap Penjual Merkuri Ilegal

JayantaraNews.com, KSB             

Polres Sumbawa Barat pada hari Sabtu tanggal 21 September 2019, sekitar pukul 12.30 Wita, mengamankan seorang laki-laki yang diduga melakukan Tindak Pidana Penjualan Bahan Berbahaya jenis Merkuri tanpa Izin. Pelaku berinisial RD (43), warga Sumbawa Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat.

Tim Opsnal Satuan Reskrim Polres Sumbawa Barat mendapatkan informasi dari masyarakat tentang adanya dugaan Tindak Pidana Penjualan Bahan Berbahaya jenis Merkuri Tanpa Izin di Kelurahan Menala, Kecamatan Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat.

Selanjutnya, anggota Opsnal Satuan Reskrim Polres Sumbawa Barat mendatangi TKP dan mendapatkan 1 botol yang berisikan 1 kilogram Bahan Berbahaya jenis Merkuri yang akan dijual. Setelah dilakukan pengecekan, terduga pelaku tidak dapat menunjukan surat izin yang sah.

Selanjutnya terduga pelaku dan barang bukti diamankan di Mapolres Sumbawa Barat guna kepentingan penyidikan, pendalaman proses hukum lebih lanjut.

Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Purnama, SIK, mengimbau  kepada semua lapisan  masyarakat untuk tidak memperdagangkan dan perjualbelikan bahan berbahaya tersebut tanpa izin, karena hal tersebut melanggar hukum. Selain itu juga, bahan tersebut dapat digunakan untuk Penambangan Ilegal alias ‘Tanpa Izin’, dan sangat berbahaya bagi kesehatan manusia bila terkontaminasi, tutupnya. (Nu JN)