Bupati KLU Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Pura Dalem Lombok Utara

JayantaraNews.com, Lombok Utara

Dalam rangka rehab rekon akibat gempa bumi 5 Agustus tahun 2018 lalu, masyarakat Hindu Dharma mengadakan acara peletakan batu pertama pembangunan Pura Dalem yang berlangusung di tempat Pura Dalem Tanjung, Jumat (30/8).

Hadir dalam acara tersebut; Bupati Lombok Utara Dr H Najmul Akhyar, SH, MH, Wakil Bupati Kelungkung I Made Kasta, Ketua PHDI KLU I Gusti Gde Mangku Padang, Kadis Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi NTB I Gede Putu Aryadi, Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Lombok Utara, serta seluruh Umat Hindu Dharma se-KLU.

Ketua PHDI KLU I Gusti Gde Mangku Padang dalam sambutannya menyampaikan, bahwa latar belakang pembangunan Pure Dalem tersebut dikarenakan rusaknya bangunan Pura sebagai akibat gempa yang terjadi pada 5 Agustus tahun lalu.

“ Tentu dalam pembangunan ini membutuhkan proses yang panjang sehingga kami membutuhkan dukungan dari semua pihak, termasuk pemerintahan,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Lombok Utara Dr H Najmul Akhyar, SH, MH dalam sambutannya mengajak para hadirin untuk berpikir, bahwa kegiatan ini tidak hanya sekedar peletakan batu pertama saja, melainkan hari ini secara bersama-sama untuk melakukakan simbolisasi semangat kebangkitan Lombok Utara ke arah yang lebih baik dan maju.

Di depan hadirin, bupati juga menyampaikan, agar secepatnya ada Kasi Hindu dan Budha di Pemkab Lombok Utara. “ Kita sudah bersurat dan menghadap ke Jakarta untuk mengusulkan agar ada Kelembagaan Kasi Hindu dan Budha di Lombok Utara,” jelasnya.

Sebagai bentuk penghargaan pemerintah daerah kepada PHDI Lombok Utara, pada anggaran 2020 bupati akan memberikan satu unit mobil operasional untuk mendukung fasilitas program kerja PHDI.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Kelungkung I Made Kasta dalam sambutannya menyampaikan, bahwa Bali dan Lombok tidak hanya berkaitan dengan pemerintahan tapi berkaitan dengan ikatan hati yang akan menambah persatuan dan kesatuan umat beragama.

“ Dengan kehadiran Kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Lombok Utara dan Gubernur Provinsi NTB yang diwakili Kadis Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi NTB pada kegiatan ini, menunjukan bahwa persatuan dan kesatuan umat beragama di Lombok berjalan sesuai dengan yang kita inginkan,” tuturnya. (Ibrahim JN)